Larangan Menikah di Bulan Muharram Menurut Perspektif Urf (Studi Kasus di Nagari Muaro Paneh Kecamatan Bukit Sundi Kabupaten Solok)

Rafdi, Jaili (2023) Larangan Menikah di Bulan Muharram Menurut Perspektif Urf (Studi Kasus di Nagari Muaro Paneh Kecamatan Bukit Sundi Kabupaten Solok). Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover)
cover+absrak+persetujuan.pdf - Published Version

Download (179kB)
[img] Text (Bab 1)
BAB I SKRIPSI RAFDI.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab 3)
BAB III SRIPSI RAFDI.pdf - Published Version

Download (637kB)
[img] Text (Bab 5)
BAB V SKRIPSI RAFDI.pdf - Published Version

Download (607kB)
[img] Text (Fulltext)
TUGAS SRIPSI RAFI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian inidilatarbelakangi oleh adanya larangan menikah di bulan Muharam di Nagari Muara Panas Kecamatan Bukit Sundi Kabupaten Solok. Pernikahan di Nagari Muara Panas Kecamatan Bukit Sundi Kabupaten Solok masih dilaksanakan berdasarkan kepercayaan leluhurnya. Masyarakat tidak berani melangsungkan pernikahan pada bulan Muharam karena mereka meyakini bahwa pernikahan yang dilaksanakan pada bulan Muharam akan memberikan dampak buruk terhadap kehidupan rumah tangganya. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan tentang perspektif 'urf terhadap larangan menikah pada bulan Muharam di Nagari Muara Panas Kec. Kecamatan Bukit Sundi Kabupaten Solok. Penelitian ini termasuk penetitian lapangan (field reasearch) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data primer diperoleh dari hasil wawancara dan observasi. Data sekunder diperoleh dari buku-buku atau sumber lainyang berkaitan dengan masalah yang diteliti. Dalam penelitian ini, tokoh masyarakat di Nagari Muaro Paneh, Kecamatan Bukit Sundi, Kabupaten Solok, dimintai keterangan secara langsung oleh penulis. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan: pertama, larangan ini sudah ada sejak turun temurun dari generasi ke generasi dan sampai sekarang masih dipercaya oleh masyarakat. Kedua, dalam tinjauan urf, larangan menikah di bulan muharam di Nagari Muaro Paneh Kecamatan Bukit Sundi Kabupaten Soloktergolong ‘urf fasidkarena keyakinan masyarakat terhadap pengaruh-pengaruh negatif bagi kehidupan rumah tangga yang diyakini muncul karena pengaruh buruk dari bulan muharam dikhawatirkan dapat terjerumus dan dapat menumbuhkan kemusyrikan. Disamping itu bagi yang membutuhkan nikah untuk menghindari perbuatan zina, hal ini mengharuskan untuk menunggu hari atau bulan yang baik untuk melangsungkan pernikahan. Dalam masa tunggu inilah yang nantinya seseorang justru dikhawatirkan melakukan perbuatan zina. Sehingga hal ini menjadi mudharat dari larangan tersebut dan menjadi bertentangan dengan ajaran Islam. Kata Kunci: Larangan Menikah, Bulan Muharam, ‘Urf

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam
Agama Islam > Akhlak
U Umum (General) > Sejarah
U Umum (General)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 11 Oct 2023 00:54
Last Modified: 11 Oct 2023 00:54
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/14046

Actions (login required)

View Item View Item