Implementasi Metode Resitasi (Penugasan) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada Pembelajaran IPS Kelas VII SMP Negeri 31 Padang

Anggelia, Desra (2023) Implementasi Metode Resitasi (Penugasan) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada Pembelajaran IPS Kelas VII SMP Negeri 31 Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (COVER)
COVER.pdf - Published Version

Download (661kB)
[img] Text (BAB I)
Desra Anggelia, NIM 1914090003. BAB 1.pdf - Published Version

Download (562kB)
[img] Text (BAB III)
Desra Anggelia, NIM 1914090003. BAB 3.pdf - Published Version

Download (480kB)
[img] Text (BAB V)
Desra Anggelia, NIM 1914090003. BAB 5.pdf - Published Version

Download (349kB)
[img] Text (FULL TEXT)
Desra Anggelia 1914090003.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Metode resitasi ini diterapkan guna membangkitkan semangat dan motivasi belajar siswa dapat dilihat dari motivasi belajarnya yang tinggi dan semangat dalam mengerjakan tugas di Mata Pelajaran IPS. Beberapa siswa kelas VII di SMP Negeri 31 Padang sangat semangat dalam belajar serta mengerjakan tugas yang telah diberikan oleh gurunya kemudian beberapa lainnya tetap semangat dan mengerjakan namun tidak se-aktif siswa yang lainnya dalam belajar. Hal ini dikarenakan banyak dari peserta didik menganggap bahwa pelajaran IPS adalah pelajaran yang membosankan serta pelajaran yang menuntut siswa harus bisa dalam menghafal di beberapa materi pelajarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dari tugas metode resitasi (penugasan) dalam meningkatkan motivasi belajar pada pembembalajaran IPS kelas VII SMP Negeri 31 Padang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarik kesimpulan. Sedangkan untuk mengecek keabsahan data dengan credibility, tranferability, dependability, confirmability. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Perencanaan metode resitasi untuk meningkatkan motivasi belajar IPS di SMP Negeri 31 Padang adalah sebagai berikut : mengaitkan dan memilih capaian pembelajaran atau disebut (CP), membuat Modul Ajar, menyusun penugasan, dan mempertimbangkan bentuk tugas. Pelaksanaan metode resitasi untuk meningkatakan motivasi belajar IPS peserta didik SMP negeri 31 Padang adalah sebagai berikut: mengetahui dan menyesuaikan bentuk tugas atau penugasan dari materi yang akan diberikan, perlu diperhatikan dalam menyusun soal tes tertulis maupun bentuk penugasan, dan pelaksanaan resitasi bisa dilakukan di asesmen pengetahuan maupun keterampilan. Evaluasi metode resitasi dalam meningkatkan motivasi belajar IPS peserta didik SMP Negeri 31 Padang adalah sebagai berikut: memberikan beberapa variasi tugas, memberikan penilaian terhadap tugas induvidu dan dengan skor lebih besar daripada tugas kelompok, dan melakukan evaluasi setelah metode resitasi diterapkan. Kata Kunci: Metode Resitasi, Motivasi Belajar, Pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Resitasi (Penugasan), Motivasi Belajar, Pembelajaran IPS.
Subjects: U Umum (General) > Ilmu Sosial > Metode Pembelajaran Lainnya, Metode Pengajaran Lainnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 19 Jan 2024 07:28
Last Modified: 19 Jan 2024 08:23
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/14039

Actions (login required)

View Item View Item