Pengembangan Buku Saku Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII sebagai Bahan Ajar

Oliya, Oliya (2023) Pengembangan Buku Saku Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VII sebagai Bahan Ajar. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (240kB)
[img] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (339kB)
[img] Text (Cover)
COVER Oliya.pdf - Published Version

Download (552kB)
[img] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (237kB)
[img] Text (Fulltext)
Fulltext Oliya.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan Buku Saku untuk pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VII di MTs N 03 Kota Pariaman. Peneliti melakukan observasi awal pada MTs N 03 Kota Pariaman yang menemukan bahwa media yang digunakan guru kurang variatif serta peserta didik yang tidak bersemangat dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bahan ajar, desain buku saku serta kelayakannya pada pembelajaran IPS kelas VII di MTs N 03 Kota Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Kelas yang menjadi subjek penelitian ini adalah kelas VII pada mata pelajaran IPS. Jumlah peserta didik kelas tersebut adalah 32 peserta didik. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Plomp yang memiliki 3 tahapan pengembangan yaitu 1) Fase penelitian pendahuluan (pleminary research), 2) Fase Perancangan atau prototipe (prototype phase),dan 3) Fase penilaian (assesment phase). Hasil dari penelitian ini yaitu; Buku ini berhasil melewati tahap validitas oleh ahli, serta buku saku ini juga mendapat sambutan yang baik dari guru dan peserta didik dimana mereka sangat senang belajar dengan buku saku ini dan mendapatkan nilai baik dari guru dan peserta didik berdasarkan uji praktikalitas. Selain itu buku saku ini juga telah meningkatkan motivasi peserta didik berdasarkan angket yang diberikan pada peserta didik yang memperlihatkan bahwa buku saku ini juga lolos uji efektivitas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Buku Saku yang peneliti kembangkan memberikan hasil yang baik pada materi Kesinambungan Politik, Geografis dengan Perubahan Praaksara HinduBudha kelas VII Ilmu Pengetahuan Sosial di MTsN 03 Kota Pariaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Buku Saku, Ilmu Pengetahuan Sosial, Model Plomp, Pengembangan
Subjects: U Umum (General) > Ilmu Sosial > Metode Pembelajaran Lainnya, Metode Pengajaran Lainnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ruang Baca FTK 2
Date Deposited: 06 Oct 2023 07:25
Last Modified: 06 Oct 2023 07:25
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/14020

Actions (login required)

View Item View Item