Perkawinan di Bawah Umur Karena Paksaan Orang Tua Tinjauan Menurut Hukum Islam dan Hukum Positif (Studi Kasus di Kecamatan Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat)

Ayu, Sindia (2022) Perkawinan di Bawah Umur Karena Paksaan Orang Tua Tinjauan Menurut Hukum Islam dan Hukum Positif (Studi Kasus di Kecamatan Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat). Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover)
SINDIA AYU NIM 1813010197 COVER,dll - Sindia Ayu.pdf - Published Version

Download (699kB)
[img] Text (Bab 1)
SINDIA AYU NIM 1813010197 BAB I - Sindia Ayu.pdf - Published Version

Download (281kB)
[img] Text (Bab 3)
SINDIA AYU NIM 1813010197 BAB III - Sindia Ayu.pdf - Published Version

Download (258kB)
[img] Text (Bab 5)
SINDIA AYU NIM 1813010197 BAB V - Sindia Ayu.pdf - Published Version

Download (82kB)
[img] Text (Fulltext)
Sindia Ayu Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pernikahan yang terjadi di bawah umur karena dipaksa orang tua. Adapun yang menjadi pertanyaan penelitian dalam hal ini adalah pertama, apa faktor yang menyebabkan terjadinya perkawinan di bawah umur dipaksa oleh orang tua di Kecamatan Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat? Kedua bagaimana tinjauan hukum Islam dan hukum positif terkait perkawinan di bawah umur yang dipaksa orang tua di Kecamatan Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat? Untuk menjawab penelitian tersebut maka penulis melakukan penelitian lapangan dengan cara mewawancarai anak yang menikah di bawah umur dan orang tua sebagai informan penelitian. Teknik pengumpulan data berupa wawancara langsung dengan para pihak yang terkait yaitu orang tua, anak, tetangga dan masyarakat dan teknik pengumpulan data berupa dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa faktor penyebabnya terjadinya perkawinan di bawah umur dipaksa orang tua di Kecamatan Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat adalah karena faktor ekonomi dan pergaulan bebas. Tinjauan menurut hukum Islam dan hukum positif mengenai perkawinan di bawah umur karena paksaan orang tua di Kecamatan Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat yaitu pertama menurut tinjauan hukum Islam tidak boleh menikahi seorang gadis atau janda tanpa seizinnya. Menurut hukum positif harus melalui persetujuan kedua calon mempelai berupa pernyataan yang tegas baik itu secara lisan maupun secara tulisan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Hukum Keluarga, Hukum Perkawinan, Hukum Pernikahan Menurut Islam
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 02 Feb 2024 07:47
Last Modified: 02 Feb 2024 07:47
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13999

Actions (login required)

View Item View Item