Upaya Hukum Terhadap Permohonan Itsbat Nikah Yang Ditolak (Studi Kasus di Pengadilan Agama Kelas 1A Padang)

Ilham, Aldianto (2022) Upaya Hukum Terhadap Permohonan Itsbat Nikah Yang Ditolak (Studi Kasus di Pengadilan Agama Kelas 1A Padang). Skripsi thesis, UIN IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (Cover)
Aldianto ilham_1813010073_Cover, Pengesahan, Persetujuan Pembimbing, Kata Pengantar dll - Aldianto Ilham.pdf - Published Version

Download (422kB)
[img] Text (BAB I)
Aldianto ilham_1813010073_BAB I - Aldianto Ilham.pdf - Published Version

Download (215kB)
[img] Text (BAB III)
Aldianto ilham_1813010073_BAB III - Aldianto Ilham.pdf - Published Version

Download (229kB)
[img] Text (BAB V)
Aldianto ilham_1813010073_BAB V - Daftar Pustaka - Aldianto Ilham.pdf - Published Version

Download (110kB)
[img] Text (Fulltext)
Aldianto ilham_1813010073_Full text - Aldianto Ilham.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (806kB)

Abstract

Skripsi ini dilatar belakangi karena tidak semua permohonan itsbat nikah dapat dikabulkan oleh Hakim, apabila permohonan para pemohon yang mengajukan itsbat nikah tersebut tidak dikabulkan dengan kata lain ditolak oleh Hakim, maka perkawinan tersebut dianggap tidak pernah ada atau tidak memiliki kekuatan dan kepastian hukum. Maka oleh karena itu, dari permohonan itsbat nikah yang ditolak, penulis dalam hal ini akan menelusuri yaitu: 1). Apa alasan-alasan ditolaknya perkara permohonan itsbat nikah oleh Hakim Pengadilan Agama Kelas 1A Padang, 2). Kenapa para pihak yang ditolak permohonan itsbat nikahnya tidak melakukan upaya hukum, 3). Bagaimana upaya yang dilakukan terhadap ditolaknya perkara permohonan itsbat nikah oleh Hakim Pengadilan Agama Kelas 1A Padang. Jenis Penelitian ini adalah (applied law research), yaitu penelitian langsung kelapangan guna memperoleh data yang lengkap. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Interview. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa alasan-alasan ditolaknya perkara permohonan itsbat nikah oleh Hakim Pengadilan Agama Kelas 1A Padang adalah: 1). Pemohon masih terikat tali perkawian dengan orang lain, 2). Wali yang menikahkan mereka secara siri bukan wali yang berhak menikahkan atau bukan ayah kandung dari pihak perempuan, 3). Pernikahan mereka masih dibawah umur (belum cukup umur), 4). Saksi yang dihadirkan tidak dapat memberikan keterangan yang benar, 5). Pihak yang mengajukan permohonan itsbat nikah tidak hadir pada saat proses persidangan. Terkait mengenai upaya hukum yang dilakukan oleh para pihak yang tidak puas terhadap hasil putusan itsbat nikahnya dapat melakukan upaya hukum kasasi (volunter). Tapi didalam pelaksanaannya pihak yang melakukan upaya hukum kasasi selama ini di Pengadilan Agama Kelas 1A Padang belum ada selama ini karena ketidak tahuan mereka terkait upaya hukum kasasi. Upaya lain yang dapat dilakukan para pihak yang perkara itsbat nikahnya ditolak adalah: 1). Melakukan nikah ulang di KUA, 2). Bagi para pihak yang itsbat nikahnya ditolak juga melakukan penetapan asal-usul anak ke Pengadilan Agama, apabila terbukti berdasarkan dan beralasan hukum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Hukum Keluarga, Hukum Perkawinan, Hukum Pernikahan Menurut Islam
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 02 Feb 2024 07:04
Last Modified: 02 Feb 2024 07:04
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13996

Actions (login required)

View Item View Item