Penerapan Model Kooperatif tipe Numbered Head Together terhadap Minat dan Hasil Belajar Peserta didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas IV MIN 6 Kota Padang

Sormin, Inria Yolanda (2023) Penerapan Model Kooperatif tipe Numbered Head Together terhadap Minat dan Hasil Belajar Peserta didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas IV MIN 6 Kota Padang. Skripsi thesis, FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN.

[img] Text (COVER, PERSETUJUAN PEMBIMBING, PENGESEHANAN, KATA PENGANTAR,ABSTRAK, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL,DAFTAR GAMBAR,DAFTAR LAMPIRAN)
INRIA YOLANDA SORMIN 1914070041 COVER.pdf - Published Version

Download (884kB)
[img] Text (BAB I)
INRIA YOLANDA SORMIN 1914070041 BAB I.pdf - Published Version

Download (467kB)
[img] Text (BAB III)
INRIA YOLANDA SORMIN 1914070041 BAB III .pdf - Published Version

Download (725kB)
[img] Text (BAB V DAFTAR PUSTAKA)
INRIA YOLANDA SORMIN 1914070041 BAB V-DAFTAR PUSTAKA .pdf - Published Version

Download (348kB)
[img] Text (FULL TEXT)
SKRIPSI INRIA YOLANDA SORMIN 1914070041 PGMI FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Tematik Terpadu kelas IV MIN 6 Kota Padang. Salah satunya disebabkan oleh penerapan model TTW yang belum pas sehingga tidak tercapainya hasil belajar yang memuaskan, cara pendidik dalam menyampaikan materi yang kurang menarik dan membosankan, dimana pembelajarannya lebih berpusat pada pendidik (teacher centered). Hal tersebut dapat menyebabkan hasil belajar peserta didik masih belum memenuhi KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Oleh karena itu, perlu diterapkannya model kooperatif NHT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model kooperatif tipe NHT lebih baik terhadap minat dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Tematik Terpadu kelas IV MIN 6 Kota Padang dibandingkan model kooperatif TTW.. Penelitian ini merupakan penelitian quasy eksperimen dengan rancangan yang digunakan adalah counterbalanced design. Populasi dalam penelitian yaitu peserta didik kelas IV MIN 6 Kota Padang dengan menggunakan total sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa kuesionar untuk minat belajar dan tes untuk hasil belajar. Data yang diambil kemudian diuji uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan t-Test:Two-Sample Assuming Equal Variances. Hasil penelitian menunjukkan model kooperatif tipe NHT memperoleh minat belajar peserta didik yang lebih baik daripada pembelajaran menggunakan model kooperatif TTW. Rata-rata minat belajar peserta didik menggunakan model kooperatif tipe NHT adalah 92,97, sedangkan menggunakan model kooperatif TTW adalah 85,10. Sementara untuk hasil belajar peserta didik memperoleh untuk nilai rata-rata yang lebih baik dengan menggunakan model kooperatif tipe NHT adalah 90,34. Sedangkan model kooperatif TTW adalah 82,88. Diperoleh hasil uji-t yaitu nilai sig.(1-tailed) 0,000 sehingga nilai sig.< 0,05 maka Ha diterima dan Hi ditolak. Maka dapat dikatakan penerapan model kooperatif tipe NHT lebih baik terhadap minat dan hasil belajar dibandingkan dengan penerapan model kooperatif TTW dalam pembelajaran Tema 9 Kayanya Negeriku, pada mata pelajaran IPA dan Bahasa Indonesia. Untuk itu, dapat disarankan bagi pendidik menerapkan model kooperatif tipe NHT dalam pembelajaran Tematik Terpadu agar minat dan hasil belajar peserta didik lebih baik daripada sebelumnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model NHT, Minat Belajar, Hasil Belajar
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 04 Oct 2023 02:48
Last Modified: 04 Oct 2023 02:48
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13989

Actions (login required)

View Item View Item