Komunikasi Interpersonal Suami Istri dalam Membina Rumah Tangga Harmonis (Studi di Jorong Pematang Sontang Kecamatan Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat)

Nadia, Sopia (2023) Komunikasi Interpersonal Suami Istri dalam Membina Rumah Tangga Harmonis (Studi di Jorong Pematang Sontang Kecamatan Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat). Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (cover)
Sopia Nadia, NIM 1912010104. Skripsi Cover.pdf - Published Version

Download (849kB)
[img] Text (Sopia Nadia, NIM 1912010104. BAB I)
Sopia Nadia, NIM 1912010104. BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Sopia Nadia, NIM 1912010104. BAB III)
Sopia Nadia, NIM 1912010104. BAB III.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Sopia Nadia, NIM 1912010104. BAB V-DAPUS)
Sopia Nadia, NIM 1912010104. BAB V- DAPUS.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Fulltext)
Sopia Nadia, NIM 1912010104. Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari tingginya angka perceraian pada pasangan suami istri, salah satu faktor penyebabnya adalah komunikasi interpersonal yang tidak memenuhi aspek atau ciri-ciri komunikasi interpersonal itu sendiri. Komunikasi merupakan hal yang paling penting, karena melingkupi hampir seluruh kegiatan dalam kehidupan manusia salah satunya dalam hubungan berpasangan. Hubungan rumah tangga akan senantiasa harmonis apabila komunikasi interpersonal antar pasangan terjalin dengan baik dan memiliki ciri-ciri komunikasi interpersonal itu sendiri. Ciri-ciri yang harus dimiliki dalam komunikasi interpersonal pasangan suami istri diantaranya ialah, saling memiliki keterbukaan antar pasangan, dapat memahami diri pasangan dengan baik, dan saling mendukung setiap kegiatan yang dilakukan oleh pasangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara dari aspek-aspek komunikasi interpersonal itu sendiri, diantaranya cara keterbukaan, empati dan sikap saling mendukung dalam komunikasi interperonal pada pasangan suami istri dalam membina rumah tangga harmonis. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang dilaksanakan dengan cara turun langsung ke lapangan (field research) yang prosedur penelitiannya menhasilkan data deskribtif berbentuk atau berupa kata-kata tertulis atau lisan dari kelakuan atau perilaku yang dapat diamati. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara dengan menggunakan teknik sampling purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Dalam menjalin komunikasi dengan keterbukaan pada pasangan suami istri dalam hubungan rumah tangga para pasangan suami istri harus memiliki kesadaran saling terbuka dalam latar belakang masing-masing, keuagan, dan juga tentang perasaan pemikiran masing-masing, disertai jujur dan saling percaya satu sama lainnya. Dalam membina sebuah keharmonisan pada suatu hubungan rumah tangga para informan yaitu dengan cara memiliki kesaaran untuk membuka diri, kesadaran untuk menanggapi pasangan, memiliki kesadaran untuk mengakui perasaan terhadap pasangan. (2) Pada komunikasi interpersonal empati pasangan suami istri yaitu pasangan suami istri harus selalu saling mendengarkan satu sama lain dengan menyampaikan pendapat, mendengarkan dan saling memahami agar terjalinnya hubungan harmonis. (3) pada komunikasi interpersonal sikap mendukung para informan dalam mebina rumah tangga yang harmonis yaitu diantaranya, dengan selalu mendukung kegiatan pasangan, menghargai pasangan, menunjukkan rasa bangga akan diri pasangan secara terbuka, saling membuat satu sama lain merasa nyaman, menerima saran dan memberi kebebasan dalam mengambil keputusan. (4) Kemudian komunikasi interpersonal sikap positif pasangan suami istri dalam membina rumah tannganya yaitu harus selalu sling bekerja sama untuk saling meringankan satu sama lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 22 Sep 2023 09:19
Last Modified: 05 Oct 2023 21:23
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13988

Actions (login required)

View Item View Item