Pola Komunikasi Orang Tua dengan Anak Pengguna Gadget Aktif (Studi di Jorong Kapuak Koto Panjang Nagari Barulak Kecamatan Tanjung Baru

Putri, Dinni (2023) Pola Komunikasi Orang Tua dengan Anak Pengguna Gadget Aktif (Studi di Jorong Kapuak Koto Panjang Nagari Barulak Kecamatan Tanjung Baru. Skripsi thesis, DAKWAH DAN ILMU KOMUNIKASI.

[img] Text (Dinni Jannatul Putri. NIM 191201009. Cover, Abstrak, dan Pengesahan-Daftar Tabel)
Dinni Jannatul Putri. NIM 191201009. Cover, Abstrak, dan Pengesahan-Daftar Tabel pdf.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Dinni Jannatul Putri. NIM 191201009. BAB I)
Dinni Jannatul Putri. NIM 191201009. BAB I pdf.pdf - Published Version

Download (417kB)
[img] Text (Dinni Jannatul Putri. NIM 191201009. BAB III)
Dinni Jannatul Putri. NIM 191201009. BAB III pdf.pdf - Published Version

Download (289kB)
[img] Text (Dinni Jannatul Putri. NIM 191201009. BAB V dan Daftar Pustaka)
Dinni Jannatul Putri. NIM 191201009. BAB V dan Daftar Pustaka pdf.pdf - Published Version

Download (656kB)
[img] Text (Dinni Jannatul Putri. NIM 191201009. FullText)
Dinni Jannatul Putri. 1912010095. FullText.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Pola komunikasi orang tua dengan anak pengguna gadget aktif di Jorong Kapuak Koto Panjang Nagari Barulak Kecamatan Tanjung Baru terdapat beberapa pola komunikasi orang tua dengan anak yang menggunakan gadget secara aktif. Jorong Kapuak Koto Panjang merupakan kawasan yang terletak dipinggiran Kabupaten Tanah Datar yang juga mendapatkan dampak dari kemajuan teknologi yang saat ini sudah maju. Terdapat anak-anak yang masih duduk di Sekolah Dasar usia antara 6-12 tahun dengan lincah memainkan gadget lebih dari 2 jam, mereka menggunakan gadget tanpa didampingi orang tua dan bermain game bersama. Peneliti ingin menelaah lebih lanjut pola komunikasi orang tua dengan anak pengguna gadget aktif di Jorong Kapuak Koto Panjang Nagari Barulak Kecamatan Tanjung Baru. Batasan masalah penelitian ini adalah pola komunikasi orang tua dengan anak pengguna gadget aktif dalam bentuk Authotarian (otoriter), bentuk Permissive (cenderung berperilaku bebas), dan bentuk Authoritative (cederung terhindar dari kegelisahan dan kekacauan/demokratis) Penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi dan wawancara. Sampel diambil secara purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian pola komunikasi orang tua dengan anak pengguna gadget aktif di Jorong Kapuak Koto Panjang, terdapat pola komunikasi orang tua dengan anak pengguna gadget aktif dalam bentuk Authotarian (otoriter) berupa orang tua yang memberikan hukuman dan memarahi anak ketika tidak mematuhi aturan orang tua dalam menggunakan gadget, Komunikasi verbal dan nonverbal juga cenderung digunakan pada pola komunikasi ini. Selanjutnya bentuk Permissive (membebaskan) di mana terdapat orang tua yang memberikan kebebasan kepada anak untuk menggunakan gadget, dan komunikasi antara anak dengan orang tua tidak begitu aktif, orang tua tidak mengontrol anak ketika menggunakan gadget. Terakhir dalam bentuk Authoritative (demokratis) di mana terdapat orang tua di Jorong Kapuak Koto Panjang memiliki komunikasi yang aktif antara orang tua dengan anak, orang tua memberikan penjelasan kepada anaknya dengan baik, gadget tidak hanya untuk bermain akan tetapi juga bisa digunakan untuk belajar, begitu pun dengan anaknya menghargai aturan yang telah dibuat oleh orang tuanya. Dapat disimpulkan bahwa orang tua di Jorong Kapuak Koto Panjang memang menggunakan ketiga pola komunikasi orang tua dengan anak pengguna gadget aktif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: komunikasi, orang tua, gadget
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 22 Sep 2023 09:16
Last Modified: 04 Oct 2023 06:09
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13987

Actions (login required)

View Item View Item