Pelaksanaan Pembayaran Gaji Karyawan Toko AlFurqon Mart Lubuk Landai Kecamatan Tanah Sepenggal Lintas Kabupaten Bungo Provinsi Jambi

Aulia, Mila (2023) Pelaksanaan Pembayaran Gaji Karyawan Toko AlFurqon Mart Lubuk Landai Kecamatan Tanah Sepenggal Lintas Kabupaten Bungo Provinsi Jambi. Skripsi thesis, FAKULTAS SYARIAH.

[img] Text (COVER DLL)
Mila Aulia-1913040166-HES-Cover Dll.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
Mila Aulia-1913040166-HES-BAB I.pdf - Published Version

Download (712kB)
[img] Text (BAB III)
Mila Aulia-1913040166-HES-BAB III.pdf - Published Version

Download (528kB)
[img] Text (BAB V)
Mila Aulia-1913040166-HES-BAB V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (509kB)
[img] Text (FULL TEXT)
Mila Aulia-1913040166-HES-Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penilitian ini dilatar belakangi dengan adanya pembayaran gaji karyawan dengan cara dicicil sampai di bayar secara 3 kali dan 4 kali bayar dalam satu bulan. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian adalah bagaimana tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap pelaksanaan pembayaran gaji karyawan Toko AlFurqon Mart dengan cara cicilan di Dusun Lubuk Landai Kecamatan Tanah Sepenggal Lintas Kabupaten Bungo Provinsi Jambi. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini yaitu: (1) Bagaimana Pelaksanaan Pembayaran Gaji Karyawan Toko AlFurqon Mart dengan cara cicilan di Dusun Lubuk Landai Kecamatan Tanah Sepenggal Lintas Kabupaten Bungo Provinsi Jambi. (2) Bagaimana pendapat karyawan Toko AlFurqon Mart tentang pembayaran gaji secara cicilan di Dusun Lubuk Landai Kecamatan Tanah Sepenggal Lintas Kabupaten Bungo Provinsi Jambi. (3) Kenapa pemilik Toko AlFurqon Mart melaksanakan pembayaran gaji secara cicilan di Dusun Lubuk Landai Kecamatan Tanah Sepenggal Lintas Kabupaten Bungo Provinsi Jambi. (4) Bagaimana tinjauan Hukum Ekonomi Syari’ah terhadap pembayaran gaji karyawan Toko AlFurqon Mart dengan cara cicilan di Dusun Lubuk Landai Kecamatan Tanah Sepenggal Lintas Kabupaten Bungo provinsi Jambi. Metode penelitian ini merupakan metode penelitian hukum sosiologis/empiris. Penelitian ini menggunakan dua sumber data primer dan data sekunder yang berkaitan dengan penelitian. Hasil penelitian yang penulis temukan yaitu pertama pembayaran gaji di Toko AlFurqon Mart dibayar secara telat tidak pada hari tanggal jatuh tempo setiap tanggal 4 dalam satu bulan sekali dan dibayar secara cicilan 3 kali bahkan 4 kali cicilan atau seminggu dan 2 minggu setelah tanggal jatuh tempo tanpa ada alasan yang pasti. Kedua pendapat karyawan yang mana gaji karyawan tidak sesuai dengan perjanjian awal yang disepakati melalui lisan atau tidak secara cicilan tanpa ada alasan yang pasti. Ketiga alasan dari pemilik Toko AlFurqon Mart dalam penundaaan pembayaran gaji dikarenakan omset penjualan turun dan belum stabil atau belum sesuai dengan target ketika dalam satu bulan. Keempat pelaksanaan pembayaran upah yang dilakukan oleh pemilik Toko AlFurqon Mart tidak sesuai dengan dengan kesepakatan awal pada perjanjian, dan mengingkari rukun dan syaratnya ijarah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PELAKSANAAN PEMBAYARAN GAJI KARYAWAN
Subjects: Agama Islam > Sosial dan Budaya Islam > Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 22 Sep 2023 07:57
Last Modified: 04 Oct 2023 02:29
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13981

Actions (login required)

View Item View Item