Pengembangan Media Scrapbook (Buku Tempel) terhadap Peningkatan Literasi Budaya dan Kewargaan Peserta Didik pada Pembelajaran IPAS Kelas IV SD/MI

Waafini, Waafini (2023) Pengembangan Media Scrapbook (Buku Tempel) terhadap Peningkatan Literasi Budaya dan Kewargaan Peserta Didik pada Pembelajaran IPAS Kelas IV SD/MI. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover + Daftar Isi)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (748kB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1 SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (263kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3 SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (212kB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5 SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (65kB)
[img] Text (FULL TEXT)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran Scrapbook untuk meningkatkan kemampuan literasi budaya dan kewargaan peserta didik dikelas IV khususnya pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial. Penelitian ini merupakan penelitian Pengembangan Research and Development (R&D),dengan menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari tahap Pendefinian, Perancangan, Pengembangan dan Penyebarluasan. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket validasi, angket praktikalitas dan soal tes. Uji validasi media pembelajaran Scrapbook diberikan kepada 4 orang validator ahli dinilai dari aspek bahasa, materi, media dan validator instrumen. Uji praktikalitas diberikan kepada 1 orang pendidik dan 15 orang peserta didik di SD Negeri 12 Tanah Garam. Uji efektivitas diberikan kepada 37 orang peserta didik di SD Negeri 12 Tanah Garam. Hasil penelitian menunjukkan media Scrapbook valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi budaya dan kewargaan. Media Scrapbook dinyatakan valid dari segi bahasa, materi dan media diperoleh dari rata-rata 89,3% dengan kategori sangat valid. Kepraktisan media Scrapbook oleh pendidik dan peserta didik diperoleh rata-rata 86% oleh pendidik dengan kategori Sangat praktis dan 90% oleh peserta didik dengan kategori Sangat praktis. Keefektifan media Scrapbookdiperoleh rata-rata 78,3% dengan kategori efektif. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media Scrapbook terhadap peningkatan literasi budaya dan kewargaan pada pembelajaran ipas kelas dikategorikan sangat valid, sangat praktis dan efektif serta dapat meningkatkan kemampuan literasi budaya dan kewargaan peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Scrapbook, Literasi Budaya dan Kewargaan, Pembelajaran IPAS
Subjects: U Umum (General) > Ilmu Sosial > Guru dan Aktivitas Pembelajaran
U Umum (General) > Ilmu Sosial > Bahan Pengajaran Membaca, Kesiapan Membaca
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 31 Jan 2024 08:08
Last Modified: 31 Jan 2024 08:10
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13977

Actions (login required)

View Item View Item