Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Transformasi Energi di Sekitar Kita Untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif Pada Peserta Didik Kelas IV MI/SD

Ulya, Ahsana (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Transformasi Energi di Sekitar Kita Untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif Pada Peserta Didik Kelas IV MI/SD. Skripsi thesis, FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN.

[img] Text
Ahsana Ulya. NIM 1914070047. Cover, Pengesahan, Pesersetujuan Pembimbing, Kata Pengantar, Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (841kB)
[img] Text (Bab I)
Ahsana Ulya. NIM 1914070047. BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab III)
Ahsana Ulya. NIM 1914070047. BAB III.pdf - Published Version

Download (662kB)
[img] Text
Ahsana Ulya. NIM 1914070047. BAB V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (578kB)
[img] Text
Ahsana Ulya. NIM 1914070047. Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Ahsana Ulya. NIM 1914070047. Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Transformasi Energi di Sekitar Kita Untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif Pada Peserta Didik Kelas IV MI/SD. Skripsi. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. 2023, 184 Halaman. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya berpikir kreatif peserta didik, diantara penyebabnya adalah media-media pembelajaran yang telah dikembangkan selama ini belum sepenuhnya dapat menggunakan berpikir kreatif peserta didik. Oleh karena itu, perlu dikembangkan media berbentuk buku yang interaktif dan menarik menggunakan media pop-up book dengan tampilan gambar tiga dimensi untuk melatih berpikir kreatif peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media berupa pop-up book pada pembelajaran kurikulum merdeka bab 4 materi transformasi energi di sekitar kita untuk peserta didik kelas IV MI/SD yang valid dan praktis. Model yang digunakan dalam pengembangan ini adalah pengembangan yang dikemukakan oleh Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahap, namun pada penelitian ini penulis hanya menggunakan 3 langkah pengembangan yaitu: (1) definisi (define), (2) desain (design), (3) pengembangan (development). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket validitas dan angket praktikalitas. Uji validitas dilakukan oleh tiga orang validator ahli yang menilai dari aspek media, materi dan bahasa. Uji praktikalitas media pop-up book diberikan kepada 1 orang pendidik dan 29 orang peserta didik kelas IV MI/SD yang dinilai dari aspek kemudahan penggunaan dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pop-up book sangat valid dengan skor rata-rata 91%. Uji praktikalitas diperoleh dengan skor rata-rata 91,14% sangat praktis. Dari hasil uji di atas dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran pop-up book yang sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan dalam pembelajaran transformasi energi di sekitar kita untuk meningkatkan bernalar kreatif peserta didik di kelas IV MI/SD.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, pop-up book, transformasi energi
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 25 Sep 2023 04:05
Last Modified: 25 Sep 2023 04:05
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13975

Actions (login required)

View Item View Item