Analisis Penerapan Mitigasi Risiko Terhadap Tingkat Non Performing Financing di Bank Syariah Indonesia Area Padang saat Pandemi Covid-19

Amidah, Mutia (2023) Analisis Penerapan Mitigasi Risiko Terhadap Tingkat Non Performing Financing di Bank Syariah Indonesia Area Padang saat Pandemi Covid-19. Skripsi thesis, EKONOMI dan BISNIS ISLAM.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
Mutia Amidah, NIM 1916050006, Cover-Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
Mutia Amidah, NIM 1916050006, BAB I.pdf - Published Version

Download (707kB)
[img] Text (BAB V-Datar Pustaka)
Mutia Amidah, NIM 1916050006, BAB V-Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (549kB)
[img] Text (FULL SKRIPSI Mutia Amidah, NIM 1916050006)
SKRIPSI MUTIA AMIDAH 1916050006.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text (BAB III)
Mutia Amidah, NIM 1916050006, BAB III.pdf - Published Version

Download (353kB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui penerapan mitigasi risiko pembiayaan dan risiko operasional pada Bank Syariah Indonesia Area Padang dalam mengatasi tingkat Non Performing Financing (NPF) saat pandemi covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, menggunakan metode pengumpulan data, seperti wawancara dan dokumentasi. Reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan semuanya digunakan dalam proses analisis data. Objek penelitian pada Bank Syariah Indonesia Area Padang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan mitigasi risiko yang dilakukan BSI Area Padang dalam meminimalisir risiko pembiayaan dan risiko operasional bank. Bentuk mitigasi risiko pembiayaan melalui analisis 5C (Character, Capacity, Capital, Condition of Economic, Collateral), 6P (Personality, Purpose, Prospect, Payment, Profitability, Protection), dan 3R (Return, Repayment, Risk Bearing Ability). Bentuk mitigasi risiko pembiayaan dalam menjaga tingkat Non Performing Financing (NPF) dengan melakukan restrukturisasi pembiayaan. Sedangkan bentuk dari mitigasi risiko operasional berupa dibentuknya sistem pengendali anti fraud, memberikan layanan terbaik kepada nasabah sebagai upaya menjaga reputasi bank, mematuhi serta menjaga SOP yang berlaku, dan menghindari kepentingan pribadi dalam setiap kegiatan transaksi yang dilakukan. Penerapan mitigasi risiko pembiayaan dan risiko oprasional pada BSI Area Padang dilakukan dengan baik yang berpengaruh pada tingkat Non Performing Financing (NPF) BSI Area Padang dibawah 5%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mitigasi, Risiko Pembiayaan, Risiko Operasional, Non Performing Financing, Restrukturisasi
Subjects: U Umum (General) > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca FEBI
Date Deposited: 25 Sep 2023 07:20
Last Modified: 25 Sep 2023 07:20
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13954

Actions (login required)

View Item View Item