Pernikahan Di Bawah Umur Tanpa Dispensasi Nikah Dan Upaya Penanggulangannya (Studi Kasus Di Kecamatan Talamau Kabupaten Pasaman Barat Sumatera Barat)

Hani, Yuri Latifa (2023) Pernikahan Di Bawah Umur Tanpa Dispensasi Nikah Dan Upaya Penanggulangannya (Studi Kasus Di Kecamatan Talamau Kabupaten Pasaman Barat Sumatera Barat). Skripsi thesis, FAKULTAS SYARIAH.

[img] Text (FULLTEXT)
YURI LATIFA HANI. NIM 1913010055 FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text (COVER)
YURI LATIFA HANI. NIM 1913010055 COVER.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
YURI LATIFA HANI. NIM 1913010055 BAB 1.pdf - Published Version

Download (710kB)
[img] Text (BAB 3)
YURI LATIFA HANI. NIM 1913010055 BAB 3.pdf - Published Version

Download (765kB)
[img] Text (BAB 5)
YURI LATIFA HANI. NIM 1913010055 BAB 5.pdf - Published Version

Download (409kB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh kasus pernikahan di bawah umur tanpa dispensasi nikah di Kecamatan Talamau. Rumusan masalah yang diteliti pada penelitian ini adalah kenapa masih ada masyarakat di Kecamatan Talamau yang masih melakukan pernikahan di bawah umur tanpa mengajukan dispensasi nikah ke Pengadilan Agama. Pertanyaan penelitiannya adalah: 1. Apa yang menjadi faktor penyebab masyarakat Kecamatan Talamau tidak mengajukan dispensasi nikah kepada Pengadilan Agama. 2. Apa Upaya KUA dalam mengatasi pernikahan di bawah umur yang tidak tercatat di Kecamatan Talamau. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan kualitatif yang bersifat deskriptif yang mana suatu metode yang berfungsi untuk mendiskripsikan argumen dan pendapat objek yang di teliti melalui data dan sampel yang telah di kumpulkan. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara serta dengan dokumentasi saat melakukan penelitian. Sumber data yang digunakan meliputi sumber data primer berupa wawancara dengan pihak dari Kantor Urusan Agama (KUA), Tokoh Masyarakat, serta pihak-pihak yang terlibat dalam pernikahan di bawah umur tanpa dispensasi nikah. Sumber data sekunder berupa buku-buku, peraturan Undang-undang, Google Schoolar, jurnal-jurnal, maupun hasil penelitian yang berwujud laporan. Berdasarkan hasil penelitian ini yaitu, Faktor yang melatar belakangi terjadinya perkawinan di bawah umur tanpa dispensasi nikah di Kecamatan Talamau yaitu kurangnya pemahaman dan pengetahuan Masyarakat terhadap dampak yang akan terjadi terhadap menikah di bawah umur tanpa mengajukan dispensasi nikah dari Pengadilan Agama. Serta pengurusan yang ribet dan biaya pengurusan dispensasi nikah yang tergolong cukup besar juga menjadi salah satu faktor yang melatar belakangi fenomena tersebut. Upaya yang dilakuakan untuk menanggulangi fenomena tersebut ialah, memberikan penyuluhan sosialisasi kepada Masyarakat serta menjelaskan aturan-aturan yang berlaku tentang pernikahan yang sesuai dengan Undang-undang. Kata Kunci: Pernikahan;Di bawah umur ;Dispensasi Nikah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Hukum Keluarga, Hukum Perkawinan, Hukum Pernikahan Menurut Islam
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 22 Sep 2023 07:22
Last Modified: 04 Oct 2023 05:33
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13951

Actions (login required)

View Item View Item