Pengaruh Kompensasi SDM dan Sistem Pengendalian Intern terhadap Kualitas Laporan Keuangan dengan Pemanfaatan Teknologi Informasi sebagai Variabel Moderasi di Pemerintah Kabupaten Pesisir selatan

Husna, Rahmatul (2013) Pengaruh Kompensasi SDM dan Sistem Pengendalian Intern terhadap Kualitas Laporan Keuangan dengan Pemanfaatan Teknologi Informasi sebagai Variabel Moderasi di Pemerintah Kabupaten Pesisir selatan. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover)
Cover Rahmatul Husna-1-15.pdf - Published Version

Download (610kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I .pdf - Published Version

Download (503kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III-1.pdf - Published Version

Download (712kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V-DAFTAR PUSTAKA-1.pdf - Published Version

Download (469kB)
[img] Text (FUL TEXT)
FULTEXT.pdf - Updated Version

Download (2MB)

Abstract

Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) adalah sebuah gambaran yang memberikan penilaian mengenai baik atau buruknya laporan atas taransaksi keuangan daerah dalam satu periode anggaran. Semakin baik kualitas laporan keuangan yang disajikan maka akan menghasilkan laporan keuangan yang baik pula dan akan berdampak pada hasil audit yang akan diberikan oleh BPK. Adapun laporan keuangan Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) selama lima kali berturut. Adapun skripsi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi SDM dan sistem pengendalian intern berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan di Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan serta apakah teknologi informasi mampu memoderisasi variabel kompetensi SDM dan sistem pengendalian intern terhadap kualitas laporan keuangan. Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah penyebaran kuesioner kepada para staf bagian keuangan di SKPD Kabupaten Pesisir Selatan yang diperoleh sebanyak 60 kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa, (1) Kompetensi SDM tidak berpengaruh signifikan terhadap kualitas laporan keuangan di Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, (2) Sistem pengendalian intern berpengaruh signifikan terhadap kualitas laporan keuangan di Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, (3) Teknologi informasi tidak mampu memoderisasi pengaruh kompetensi SDM terhadap kualitas laporan keuangan di Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, (4) Teknologi informasi mampu memoderisasi pengaruh sistem pengendalian intern terhadap kualitas laporan keuangan di Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi SDM, Kualitas Laporan Keuangan, Pemanfaatan Teknologi Informasi, Sistem Pengendalian Intern.
Subjects: U Umum (General) > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Ruang Baca FEBI
Date Deposited: 22 Sep 2023 03:05
Last Modified: 06 Oct 2023 04:01
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13947

Actions (login required)

View Item View Item