Persepsi Mahasiswa Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir UIN Imam Bonjol Padang Terhadap Penggunaan Tanda Tashih pada Al-Qur'an Digital

Azmi, Muhammad Khairul (2023) Persepsi Mahasiswa Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir UIN Imam Bonjol Padang Terhadap Penggunaan Tanda Tashih pada Al-Qur'an Digital. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover)
Cover Azmi.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB 1 Azmi)
BAB 1 Azmi.pdf - Published Version

Download (666kB)
[img] Text (BAB III Azmi)
BAB III Azmi.pdf - Published Version

Download (470kB)
[img] Text (BAB V-Daftar Pustaka Azmi)
BAB V-Daftar Pustaka Azmi.pdf - Published Version

Download (585kB)
[img] Text (Fulltext)
Fulltext Azmi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi beredarnya al-Qur’an digital tanpa tanda tashih yang dapat mengurangi orisinalitas pada al-Qur’an, rumusan masalah dalam penelitian ini ialah adanya mahasiswa Ilmu al-Qur’an dan Tafsir yang menggunakan al-Quran digital akan tetapi masih ada yang belum memperhatikan tanda tashih pada al-Qur’an digital yang digunakan. Berangkat dari persoalan penelitian ini mengkaji secara sistematis terkait persepsi mahasiswa Ilmu al-Qur’an dan Tafsir UIN Imam Bonjol Padang terhadap penggunaan tanda tashih pada al�Qur’an digital untuk mengungkap sisi pengetahuan dan aspek-aspek yang terkait dengan tanda tashih pada al-Qur’an digital. Metode yang digunakan pada penelitian ini ialah melalui pendekatan kualitatif dengan jenis studi lapangan, dan penelitian ini menggunakan teori persepsi yang terdiri dari dua faktor yaitu internal dan eksternal. Adapun sumber data primer pada penelitian ini ialah mahasiswa Ilmu al-Qur’an dan Tafsir yang menggunakan al-Qur’an digital dan memahami tanda tashih. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap penggunaan tanda tashih pada al-Qur’an digital yaitu pemahaman mahasiswa terhadap pentingnya tanda tashih pada al-Qur’an digital, dengan adanya tanda tashih memotivasi mahasiswa untuk menggunakan al-Qur’an digital yang memiliki tanda tashih, dari segi kebutuhan mahasiswa menggunakan al-Qur’an digital untuk kepentingan perkuliahan. Mahasiswa IAT lebih cenderung menggunakan al-Qur’an digital pada saat diluar rumah, dan juga memperoleh informasi tentang tanda tashih yaitu dari bahan bacaan dan lingkungan sekitar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: tanda tashih, mahasiswa dan al-Qur'an digital
Subjects: Agama Islam > Al-Qur'an dan Ilmu Berkaitan > Sejarah Al-Qur'an
Agama Islam > Al-Qur'an dan Ilmu Berkaitan > Indeks Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Ruang Baca FUSA
Date Deposited: 04 Oct 2023 06:05
Last Modified: 04 Oct 2023 06:05
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13935

Actions (login required)

View Item View Item