Peran Guru Akidah Akhlak dalam Pembentukan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Peserta Didik di MTs N 1 Kota Pariaman

Putri, Adinda Roza (2023) Peran Guru Akidah Akhlak dalam Pembentukan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Peserta Didik di MTs N 1 Kota Pariaman. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover, Persetujuan Pembimbing, Pengesahan, Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Tabel)
COVER, PERSETUJUAN PEMBIMBING, PENGESAHAN, KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL ADINDA ROZA PUTRI NIM 1914010017.pdf - Published Version

Download (606kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I ADINDA ROZA PUTRI NIM 1914010017.pdf - Published Version

Download (505kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III ADINDA ROZA PUTRI NIM 1914010017.pdf - Published Version

Download (288kB)
[img] Text (BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA)
BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA ADINDA ROZA PUTRI NIM 1914010017.pdf - Published Version

Download (319kB)
[img] Text (FULL TEXT)
FULLTEXT. ADINDA ROZA PUTRI NIM 1914010017.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran guru akidah akhlak dalam pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab peserta didik di MTs N 1 Kota Pariaman. Sedangkan tujuan khususnya adalah untuk mengetahui peran guru akidah akhlak dalam pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab peserta didik di MTs N 1 Kota Pariaman.Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber datanya adalah sumber data primer yaitu guru akidah akhlak, kepala sekolah dan peserta didik dan sumber data sekunder yaitu warga sekolah, sedangkan datanya adalah upaya yang dilakukan guru akidah akhlak dalam pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab peserta didik di MTs N 1 Kota Pariaman. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumen dan dokumentasi. Teknik analisa data adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah pertama, peran guru akidah akhlak dalam pembentukan karakter disiplin peserta didik adalah sebagai pembimbing, pendidik dapat dilihat dari guru akidah akhlak melakukan banyak cara seperti memberikan pembiasaan, contoh teladan, penyadaran dan kontrol kepada peserta didik. Kedua, pembentukan karakter tanggung jawab guru akidah akhklak berperan sebagai model dan teladan bagi peserta didik dan melakukan cara membangun rasa keanggotaan, tata tertib, dan pemberian tugas yang mendukung terbentuknya karakter tanggung jawab peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam > Akhlak
U Umum (General) > Ilmu Sosial > Guru dan Aktivitas Pembelajaran
U Umum (General) > Ilmu Sosial > Peraturan Umum tentang Disiplin Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 30 Jan 2024 03:54
Last Modified: 30 Jan 2024 03:55
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13932

Actions (login required)

View Item View Item