Peran Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Pasaman Barat dalam Pengawasan Praktik Money Politic pada Pemilihan Legislatif Tahun 2019.

Jayanti, Reni (2023) Peran Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Pasaman Barat dalam Pengawasan Praktik Money Politic pada Pemilihan Legislatif Tahun 2019. Skripsi thesis, FAKULTAS SYARIAH.

[img] Text (COVER;DAFTAR ISI)
Cover-Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I Skripsi Reni Jayanti (1913030011) (2).pdf - Published Version

Download (772kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III Sidang III W.pdf - Published Version

Download (681kB)
[img] Text (BAB V-DAFTAR PUSTAKA)
Bab V.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I-V FULL TEXT)
BAB I-V (Reni Jayanti 1913030011) (1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi banyaknya kasus pelanggaran pada pemilihan umum terutama pelanggaran money politic. Hal tersebut menunjukkan bahwa tidak adanya kepatuhan terhadap hukum dan peraturan yang telah dibuat. Masalah dalam skripsi ini adalah bagaimana Peran Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pasaman Barat dalam Pengawasan Praktik Money Politic pada Pemilihan Umum Legislatif Tahun 2019. Pertanyaan penelitian ada dua, yakni: pertama, bagaimana peran lembaga Bawaslu Pasaman Barat dalam melakukan pengawasan terhadap pemilihan umum tahun 2019 di Pasaman Barat. Kedua, apa saja upaya lembaga Bawaslu Pasaman Barat dalam mencegah praktik money politic pada pemilihan umum tahun 2019. Untuk menjawab permasalahan tersebut dilakukan penelitian lapangan. Data yang digunakan berupa data primer, data yang diperoleh atau dikumpulkan oleh Peneliti secara langsung dari informan penelitian yaitu dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi dan data sekunder berupa undang-undang, buku, jurnal, dokumen dan lain-lain. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan metode yuridis sosiologis, yaitu metode penelitian hukum yang dilakukan untuk mendapatkan data primer diperoleh langsung dengan wawancara. Hasil penelitian ini sebagai berikut. Pertama, Bawaslu Kabupaten Pasaman Barat telah melaksanakan tugasnya pada pengawasan pemilu legislatif tahun 2019 dan berjalan secara baik dengan turun langsung ke lapangan dalam bentuk melakukan sosialisasi serta memberikan pendidikan politik pemilu kepada peserta pemilu dan masyarakat terkait hal-hal yang dalam pemilihan umum. Kedua, upaya yang dilakukan Bawaslu dalam pengawasan terhadap pencegahan money politic pada pemilihan umum tahun 2019 dengan melakukan upaya seperti, melakukan Pengawasan di setiap daerah yang akan dilangsungkan pemilihan umum dengan melakukan patroli ke rumah-rumah, warung, dan masjid serta menjalin kerjasama dengan tokoh penting dalam masyarakat seperti pemuda kampung, pengurus masjid dan petugas keamanan kampung dalam melakukan pengawasan di daerah yang sering terjadi politik uang pada kampanye pemilu. Kata kunci : Bawaslu, Peran, Pengawasan, Pemilu, Money Politic.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bawaslu, Peran, Pengawasan, Pemilu, Money Politic
Subjects: U Umum (General) > Ilmu Politik
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 22 Sep 2023 03:03
Last Modified: 05 Oct 2023 04:43
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13919

Actions (login required)

View Item View Item