Hubungan Komunikasi Interpersonal Keluarga terhadap Hasil Belajar Peserta Didik dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VIII SMP Negeri 38 Padang

Aldi, Muhammad (2023) Hubungan Komunikasi Interpersonal Keluarga terhadap Hasil Belajar Peserta Didik dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VIII SMP Negeri 38 Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover)
Muhammad Aldi, NIM 1914010089, Cover.pdf - Published Version

Download (859kB)
[img] Text (BAB I)
Text (BAB 1).pdf - Published Version

Download (418kB)
[img] Text (BAB III)
Text (BAB III).pdf - Published Version

Download (194kB)
[img] Text (Bab V dan Daftar Pustaka)
Text (BAB V dan Daftar Pustaka).pdf - Published Version

Download (126kB)
[img] Text (Fulltext)
Muhammad Aldi, NIM 1914010089, Skripsi Full text(1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar Pendidikan Agama Islam di Kelas VIII SMP Negeri 38 Padang tahun pelajaran 2022/2023, sebagian besar nilai peserta didik belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan oleh sekolah yaitu 80. Tujuan dalam penulisan skripsi ini yaitu: (1) Untuk mengetahui Bagaimana gambaran komunikasi interpersonal keluarga pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII di SMP Negeri 38 Padang. (2) Untuk mengetahui hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII di SMP Negeri 38 Padang. (3) Untuk mengetahui Adakah terdapat hubungan komunikasi interpersonal keluarga terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran pendidikan agama islam kelas VIII di SMP Negeri 38 Padang Jenis penelitian adalah Kuantitatif Kolerasional Populasi penelitian yaitu 244 peserta didik dari 8 kelas VIII SMP Negeri 38 Padang tahun ajaran 2022/2023. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Yaitu penentuan sampel dengan cara acak dari perwakilan seluruh kelas VIII di setiap kelas di SMP Negeri 38 Padang. Hasil penelitian ini dilihat lalah 0.396. Inka sila Degrees of Freedom sampel 25 untuk signifikansi 5% adalah Jika Ex Tubel maka Ha diterima dan Ho ditolak, sebaliknya jika try << Tueel maka Ho diterima Ha ditolak. Dari hasil pengolahan data menggunakan SPSS Versi 25 tampak bahwa ry adalah 0.413 lebih besar dari nel yaitu 0,396, maka Ha diterima dan Ho ditolak kebenarannya. Pada koefisien terdapat hubungan yang positif antara komunikasi interpersonal keluarga dengan hasil belajar peserta didik di SMP Negeri 38 Padang. (1) Terdapat Hubungan positif antara komunikasi interpersonal keluarga terhadap hasil belajar peserta didik di SMP negeri 38 Padang. (2) Terdapat hubungan korelasi antara komunikasi interpersonal keluarga dengan hasil belajar peserta didik SMP Negeri 38 Padang dengan nilai korelasi 0,413 dalam kategori hubungan yang sedang. (3) Terdapat pengaruh komunikasi interpersonal keluarga terhadap hasil belajar dengan rxy > rtbel dengan nilai signifikan 0,413 0,396.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hubungan, Komunikasi Interpersonal Keluarga. Hasil Belajar
Subjects: Agama Islam > Filsafat dan Perkembangan Islam > Pendidikan Islam di Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 10 Oct 2023 04:58
Last Modified: 10 Oct 2023 04:58
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13910

Actions (login required)

View Item View Item