Peran Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) Baitut Tamwil Muhammadiyah (BTM) Cabang Lubuk Buaya Kota Padang Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Riyantara, Dwika (2023) Peran Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) Baitut Tamwil Muhammadiyah (BTM) Cabang Lubuk Buaya Kota Padang Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Skripsi thesis, FAKULTAS DAKWAH DAN ILMU KOMUNIKASI.

[img] Text (Cover dll)
Dwika Riyantara.1712030057.Cover dll.pdf - Published Version

Download (388kB)
[img] Text (BAB I)
Dwika Riyantara.1712030057.BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
Dwika Riyantara.1712030057. BAB III.pdf - Published Version

Download (401kB)
[img] Text (BAB V - Daftar Pustaka)
Dwika Riyantara.1712030057. BAB V - Pustaka.pdf - Published Version

Download (241kB)
[img] Text (FullText)
FullText, Dwika Riyantara, 1712030057.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran Baitut Tamwil Muhammadiyah dalam menjauhkan masyarakat dari praktek ekonomi yang bersifat non Islam, Melakukan pembinaan dan pendanaan usaha kecil dan melepaskan masyarakat dari ketergantungan kepada rentenir. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan jenis deskriptif. Sumber data penelitian adalah data primer yaitu pengurus, anggota dan data sekunder yaitu berupa dokumentasi. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data adalah mengumpulkan data, pemeriksaan data, menyeleksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa : Pertama, Baitut Tamwil Muhammadiyah dalam menjauhkan masyarakat dari praktek ekonomi yang bersifat non Islam, yaitu melakukan sosialisasi kepada masyarakat ataupun pedagang mengenai pentingnya transaksi yang sesuai dengan syariat Islam dan bebas dari riba. Cara BTM berkonsisten dalam menjauhkan masyarakat dari praktek non islam yaitu dengan cara menyediakan brosur. Kedua, Baitut Tamwil Muhammadiyah dalam melakukan pembinaan dan pendanaan usaha kecil, yaitu melakukan pembinaan dengan cara memberikan arahan dan motivasi kepada masyarakat agar usaha-usaha masyarakat dapat berkembang. Pembinaan dilakukan pada saat pemberian pendanaan usaha, sedangkan jenis pendanaan yang dipakai oleh BTM Cabang Lubuk Buaya yaitu murabahah. Ketiga, Baitut Tamwil Muhammadiyah dalam melepaskan masyarakat dari ketergantungan kepada rentenir, yaitu melakukan pelayanan pembiayaan tanpa jaminan serta melakukan sistem jemput bola dan strategi yang dilakukan yaitu memberikan informasi di papan informasi (mading) dan informasi dari individu ke individu lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran BTM, Kesejahteraan Masyarakat
Subjects: Agama Islam > Sosial dan Budaya Islam > Koperasi Islam, sistem Koperasi Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 22 Sep 2023 09:21
Last Modified: 22 Sep 2023 09:24
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13901

Actions (login required)

View Item View Item