Praktik Layanan Jasa Latih Buru Babi Dalam Perspektif Fiqh Muamalah (Studi Atas Pelatihan Buru Babi Di Dusun Labu Pacah Nagari Garagahan Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam.

Junaidi, Ahmad (2022) Praktik Layanan Jasa Latih Buru Babi Dalam Perspektif Fiqh Muamalah (Studi Atas Pelatihan Buru Babi Di Dusun Labu Pacah Nagari Garagahan Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover)
Ahmad Junaidi_1713030035_Cover,dll - Ahmad Junaidi.pdf - Published Version

Download (4MB)
[img] Text (Bab 1)
Ahmad Junaidi_1713030035_BAB I - Ahmad Junaidi.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab 3)
Ahmad Junaidi_1713030035_BAB III - Ahmad Junaidi.pdf - Published Version

Download (777kB)
[img] Text (Bab 5)
Ahmad Junaidi_1713030035_BAB V-Daftar Pustaka - Ahmad Junaidi.pdf - Published Version

Download (968kB)
[img] Text (Fulltext)
Ahmad Junaidi_1713030035_Fulltext - Ahmad Junaidi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh praktik atau aktivitas beberapa pemuda dalam bentuk layanan jasa pelatihan buru babi. Beberapa pemuda tersebut menyediakan babi sebagai objek pelatihan anjing agar ahli berburu babi. Kegiatan ini merupakan hal yang mubah, hanya saja yang dijadikan objek dan subjek dalam layanan jasa latih buru babi itu adalah hewan yang diharamkan oleh syari’at Islam. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana praktik layanan jasa latih buru babi dalam perspektif fiqh muamalah di Dusun Labu Pacah Nagari Garagahan Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam?. Pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah, 1. Bagaimana praktik layanan jasa latih buru babi di Dusun Labu Pacah Nagari Garagahan Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam? 2. Faktor apa saja yang melatarbelakangi adanya pratik layanan jasa latih buru babi di Dusun Labu Pacah Nagari Garagahan Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam? 3. Bagaimana perspektif fiqh muamalah terhadap praktik layanan jasa latih buru babi di Dusun Labu Pacah Nagari Garagahan Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam? Metode yang digunakan dalam menganalis data adalah analisis kualitatif, yaitu menganalisis dan menggambarkan bagaimana praktik dari layanan jasa latih buru babi dan penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Temuan penelitian adalah pelaksanaan layanan jasa latih buru babi di Dusun Labu Pacah Nagari Garagahan Kecamatan Lubuk Basung: Pertama, menyediakan sarana dan prasarana pelatihan anjing berburu babi. Kedua, pengelolaan yang dilaksanakan oleh beberapa pemuda yang dipimpin oleh seorang ketua. Ketiga, ketentuan pelaksanaan (SOP), pemberian tugas dan tanggung jawab pelaksanaan, ketentuan pembayaran (insert) terhadap pengguna jasa dan ketentuan pelanggaran oleh pengguna jasa. Keempat, izin mendirikan dan melaksanakan kegiatan layanan jasa latih buru babi. Faktor dibukanya praktik layanan jasa latih buru babi adalah, Pertama, faktor ekonomi. Kedua, faktor sosial kultural. Praktik ini dari persepektif fiqh muamalah adalah ijarah. Akan tetapi ijarah tersebut termasuk kepada ijarah yang fasid dengan bersandarkan kepada pendapat Hanafiyah, karena salah satu syarat akad (objek) ijarah tidak terpenuhi yakni babi, dan batal dalam hukum wad’i serta menimbulkan unsur penganiayaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Mu'amalah
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 02 Feb 2024 06:00
Last Modified: 02 Feb 2024 06:01
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13899

Actions (login required)

View Item View Item