Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas X di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Solok Plus Keterampilan

Safitri, Ananda (2023) Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas X di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Solok Plus Keterampilan. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover, abstrak, pengesahan)
COVER, ABSTRAK, PENGESAHAN DLLL Ananda Safitri_1914010106.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab 1)
BAB 1 Ananda Safitri_1914010106.pdf - Published Version

Download (696kB)
[img] Text (Bab 3)
BAB 3 Ananda Safitri_1914010106.pdf - Published Version

Download (768kB)
[img] Text (Bab 5-Dapus)
BAB V-DapusAnanda Safitri_1914010106.pdf - Published Version

Download (403kB)
[img] Text (Skripsi fulltext)
Ananda Safitri_1914010106_Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Judul Skripsi ini adalah “Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas X di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Solok Plus Keterampilan” ditulis oleh Ananda Safitri NIM 1914010106 Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Latar belakang penelitian ini adalah terbatasnya media pembelajaran yang digunakan oleh pendidik, sehingga peserta didik terkesan kurang bersemangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dan menyebabkan banyaknya nilai peserta didik yang masih dibawah kriteria ketuntasan maksimal pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Batasan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana gambaran hasil belajar kelas eksperimen yang menggunakan media audio visual? (2) Bagaimana gambaran hasil belajar kelas kontrol yang tidak menggunakan media audio visual?(3) Bagaimana pengaruh media audio visual terhadap peningkatan hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas X di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Solok Plus Keterampilan? Tujuan dalam penelitian skripsi ini yaitu (1) Untuk mengetahui gambaran hasil belajar kelas eksperimen yang menggunakan Media Audio Visual pada Pembelajaran Akidah Akhlak di kelas X Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Solok Plus Keterampilan, (2) Untuk mengetahui gambaran hasil belajar kelas kontrol yang tidak menggunakan Media Audio Visual pada pembelajaran Akidah Akhlak di kelas X Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Solok Plus Keterampilan, (3) Untuk mengetahui pengaruh Media Audio Visual terhadap peningkatan hasil belajar Akidah Akhlak di kelas X Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Solok Plus Keterampilan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen, populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas X Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Solok Plus Keterampilan tahun ajaran 2022/2023. Pengambilan sampel dilakukan dengan Teknik Probability Sampling, kelas yang dipilih sebagai kelas eksperimen adalah X.1 dan kelas kontrol X.2. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar kelas eksperimen yang menerapkan media Audio Visual berada pada klasifikasi sangat tinggi, sedangkan hasil belajar kelas kontrol yang tidak menerapkan media Audio Visual diklasifikasi rendah. Berdasarkan hasil analisis uji yang dilakukan pada software SPSS 23, maka diperoleh sig α < 0,05 yaitu 0,000 artinya 0,000 < 0,005 maka Ha diterima dan H0 ditolak dan T hitung > T tabel yaitu 8,563 > 1,645 artinya Ha yang mengatakan terdapat Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Akidah Akhlak Kelas X Di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Solok Plus Keterampilan diterima dan H0 ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Audio Visual, Akidah Akhlak, Hasil Belajar
Subjects: Agama Islam
Agama Islam > Agama Islam Umum
Agama Islam > Agama Islam Umum > Islam dan Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 30 Jan 2024 07:07
Last Modified: 30 Jan 2024 07:11
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13893

Actions (login required)

View Item View Item