Efektivitas Full Day School Dalam Membina Akhlak Siswa Menurut Pandangan Orang Tua dan Siswa Madarasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Suliki Lima Puluh Kota

Dewi, Jenita Syahtrina (2023) Efektivitas Full Day School Dalam Membina Akhlak Siswa Menurut Pandangan Orang Tua dan Siswa Madarasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Suliki Lima Puluh Kota. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (file cover, dkk)
01 cover Jenita .pdf - Published Version

Download (911kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I FDS capair.pdf - Published Version

Download (416kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III FDS capair.pdf - Published Version

Download (345kB)
[img] Text (BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA)
bab 5-daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (364kB)
[img] Text (Full Text)
1914010029 full text Jenita syahtrina dewi final.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Judul penelitian ini adalah “Efektivitas Full Day School dalam Membina Akhlak Siswa Menurut Pandangan Guru Orang Tua Dan Siswa Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Suliki Lima Puluh Kota” yang ditulis oleh Jenita Syahtrina Dewi. 1914010029 mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Permasalahan penelitian ini berangkat dari fenomena banyaknya kebobrokan akhlak siswa tingkat Sekolah Dasar (SD) di Lima Puluh Kota, Berbeda dengan fenomena siswa SD di Lima Puluh Kota, siswa Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) Suliki menunjukkan akhlak yang baik, baik itu dari segi akhlak kepada Allah, akhlak kepada manusia dan akhlak terhadap alam. Dalam penelitian ini memiliki tujuan untuk membahas bagaimana efektivitas penerapan full day school dalam membina akhlak siswa menurut pandangan guru, orang tua, dan siswa Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Suliki Lima Puluh Kota. Penelitian ini menggunakan metode penelitian jenis kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara untuk menjawab tujuan penelitian. Kemudian untuk analisis data menggunakan teknik interaktif model ini dilakukan dengan melakukan reduksi data, selanjutnya penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) pandangan guru MIM Suliki pasca penerapan FDS telah membawa perubahan positif pada siswa, terdapat peningkatan akhlak siswa dalam hal beribadah kepada Allah, bergaul dengan guru-guru disekolah dan teman-teman sebaya, serta keterlibatan siswa dalam merawat lingkungan. 2)tidak jauh berbeda orang tua siswa juga merasakan perubahan positif dalam beribadah, akhlak dalam bersosial interaksi dengan orang yang lebih tua dan teman sebaya, serta sikap terhadap lingkungan pada siswa yang mengikuti FDS. 3) kemudian pada siswa merasakan dirinya menjadi lebih serius dalam pelaksanaan ibadah, patuh terhadap peraturan, bergaul dengan sesama dan memiliki akhlak yang baik terhadap lingkungan. Kata Kunci: Efektivitas, Full Day School, Membina Akhlak, Pandangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Full Day School, Membina Akhlak, Pandangan
Subjects: Agama Islam
Agama Islam > Akhlak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 2
Date Deposited: 11 Dec 2023 08:18
Last Modified: 30 Jan 2024 07:12
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13878

Actions (login required)

View Item View Item