Pengaruh Penggunaan Model Mnemonic untuk Meningkatkan Daya Ingat Peserta Didik Pada Pembelajaran IPA Kelas V di MIN 2 Padang Pariaman

Ramadhani, rani (2023) Pengaruh Penggunaan Model Mnemonic untuk Meningkatkan Daya Ingat Peserta Didik Pada Pembelajaran IPA Kelas V di MIN 2 Padang Pariaman. Skripsi thesis, FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN.

[img] Text (BAB I)
BAB I ramadhani.pdf - Published Version

Download (265kB)
[img] Text (BAB iii)
BAB iii Ramadhani.pdf - Published Version

Download (376kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V Ramadhani.pdf - Published Version

Download (213kB)
[img] Text (FULL TEXT SKRIPSI)
FULL TEXT 1-5 SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Cover,pengesahan,keaslian,abstrak,kata pengantar, daftar isi)
Pengaruh Penggu-WPS Office.pdf - Published Version

Download (986kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya daya ingat peserta didik, di tandai dengan kemampuan menjawab soal latihan masih kurang, kemampuan mengingat materi masih rendah, serta rendahnya hasil belajar peserta didik. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran yang belum menggunakan model maupun strategi yang menekankan terhadap daya ingat peserta didik. proses pembelajaran masih menggunakan model pembelajaran langsung yang masih terfokus pada guru dan belum berpusat pada peserta didik, sehingga dibutuhkan inovasi baru dalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan daya ingat peserta didik. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Mnemonic Pada materi IPA dalam meningkatkan Daya ingat peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, design One group pretest-posttest yang hanya dilakukan pada satu kelas. Pada penelitian ini populasi nya ialah seluruh peserta didik kelas V yang berjumlah 20 0rang. Teknik pengumpulan Data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Uji Normalitas, Uji homogenitas dan uji N-Gain. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai signifikan N-Gain 0,7877 maka Ho di tolak dan Ha diterima. Artinya terdapat peningkatan pada daya ingat peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Model Mnemonic dalam meningkatkan Daya Ingat peserta didik dalam pembelajaran IPA kelas V di MIN 2 Padang Pariaman. Kata kunci:model mnemonic, daya ingat, pembelajaran IPA

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: model mnemonic, daya ingat, pembelajaran IPA
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
U Umum (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 17 Oct 2023 03:53
Last Modified: 17 Oct 2023 03:53
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13877

Actions (login required)

View Item View Item