Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Tematik Muatan IPA Peserta Didik Kelas V SD Negeri 04 Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat

Hamna, Hamna (2023) Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Tematik Muatan IPA Peserta Didik Kelas V SD Negeri 04 Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat. Skripsi thesis, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text (Hamna_1914070093 Skipsi Full Text)
Hamna Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)
[img] Text (Cover - Daftar Isi)
Cover - Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (Hamna_1914070093 BAB I)
BAB I Skripsi.pdf - Published Version

Download (378kB)
[img] Text (Hamna_1914070093 BAB III)
BAB III Skripsi.pdf - Published Version

Download (311kB)
[img] Text (Hamna_1914070093 BAB V-DAFTAR PUSTAKA)
BAB V - Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (536kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar tematik muatan IPA peserta didik kelas V SD Negeri 04 Sungai Aur, yang beberapa penyebabnya diantaranya model pembelajaran yang digunakan pendidik hanya terfokus pada direct instruction saja, selain itu peserta didik belum mampu menjadi pemecah masalah, karena pada saat pembelajaran berlangsung peserta didik tidak mampu menjawab pertanyaan yang dilontarkan pendidik, baik secara langsung maupun saat latihan. Kemudian peserta didik juga tidak menaruh perhatian saat pendidik menjelaskan karena asyik bercerita dengan teman sebangkunya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model problem based learning lebih baik dari penerapan model direct instruction. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi experimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V sebanyak 35 peserta didik. pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling karena populasi yang ada relatif kecil, kelas yang dipilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas VA dan kelas kontrol adalah kelas VB. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal tes hasil belajar. Data yang diambil kemudian diuji dengan uji-t menggunakan SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai pre-test kelas eksperimen 57,06%, kelas kontrol 62,21% sedangkan hasil post-test kelas eksperimen 86,47% dan pada kelas kontrol 70%. Berdasarkan uji hipotesis dengan SPSS versi 26 diperoleh Sig. (1-tailed) sebesar 0,000 dan thitung sebesar 5,298 harga ini dicocokkan dengan ttabel dengan db = 33 pada taraf signifikansi 5% sehingga memperoleh ttabel sebesar 1,692, maka diperoleh thitung > ttabel (5,298 > 1,692). Dengan demikian dari hasil tersebut maka hipotesis nihil (Hi) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima yang artinya penerapan model problem based learning lebih baik dari penerapan model direct instruction.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning, Hasil Belajar (Kognitif).
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 10 Oct 2023 02:33
Last Modified: 10 Oct 2023 02:33
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13876

Actions (login required)

View Item View Item