Proses Pendampingan Petani Sawit Oleh PT. Buana Wira Lestari Mas Desa Sekijang Kecamatan Tapung Hilir Kabupaten Kampar Provinsi Riau

Pohan, Annisa (2023) Proses Pendampingan Petani Sawit Oleh PT. Buana Wira Lestari Mas Desa Sekijang Kecamatan Tapung Hilir Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Skripsi thesis, UIN IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (COVER)
COVER.pdf - Published Version

Download (878kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (738kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (341kB)
[img] Text (BAB V dan DAFTAR PUSTAKA)
ANNISA POHAN 1912040054 BAB V dan DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (440kB)
[img] Text (FULL TEXT)
ANNISA POHAN 1912040054 FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini beranjak dari upaya pendampingan yang dilakukan oleh PT. Buana Wira Lestari Mas di Desa Sekijang Kecamatan Tapung Hilir Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Permasalahan masyarakat petani sawit yang ada di Desa Sekijang ialah masih terbatasnya akses ilmu dan wawasan petani sawit tentang bagaimana mengelolah kebun sawit dengan baik, sehingga menjadikan masyarakat petani sawit kesulitan dalam mengembangkan hasil pertaniannya. Jika dibiarkan terus-menerus akan menjadikan masyarakat petani sawit itu tidak berdaya dari segi pengetahuan dan ekonominya. Hal ini dapat dilihat dari tingkat perekonomian masyarakat petani sawit yang rendah. Tujuan dari penelitian ini, pertama mengetahui proses menciptakan hubungan kepercayaan dalam pendampingan masyarakat petani sawit melalui PT. Buana Wira Lestari Mas di Desa Sekijang Kecamatan Tapung Hilir, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Kedua, mengetahui proses pembuatan rencana tindakan dalam pendampingan oleh PT. Buana Wira Lestari di Desa Sekijang Kecamatan Tapung Hilir, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. jenis data yang dikumpulkan berupa pendapat, tanggapan berbagai informasi dan keterangan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun sumber data pada penelitian ini adalah Staf PT dan masyarakat petani sawit di Desa Sekijang. Penentuan Informan pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Dalam menganalisa data penulis menggunakan metode analisa kualitatif, artinya penelitian ini dapat menghasilkan data deskriptif yang berupa kata-kata tertulis atau lisan dari individu dan perilaku yang diamati. Adapun hal yang dilakukan pertama adalah melakukan pengumpulan data, kedua reduksi data, ketiga penyajian data dan terakhir penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pendampingan petani sawit. Pertama menciptakan hubungan kepercayaan yang dilakukan oleh PT. Buana Wira Lestari Mas diperlukan membangun hubungan yang baik dengan para petani sawit yang dapat dilakukan melalui metode sosialisasi. Kedua dalam pembuatan rencana tindakan dilakukan dengan metode pelatihan dan pembinaan serta program lanjutan yang mana dari semuanya itu diharapkan dapat memperlancar dalam proses pendampingan oleh PT. Buana Wira Lestari Mas sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Proses, Pendampingan, Petani Sawit.
Subjects: U Umum (General) > Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 27 Sep 2023 03:10
Last Modified: 07 Oct 2023 07:08
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13872

Actions (login required)

View Item View Item