Penggerakan Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat (BIMAS) Islam dalam Program Belajar Rahasia Nikah (BERKAH) di Kantor Kementerian Agama Kota Padang

Ummah, Fira Khairatul (2023) Penggerakan Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat (BIMAS) Islam dalam Program Belajar Rahasia Nikah (BERKAH) di Kantor Kementerian Agama Kota Padang. Skripsi thesis, FAKULTAS DAKWAH DAN ILMU KOMUNIKASI.

[img] Text (Cover Dll)
Fira Khairatul Ummah_1912030048_Cover Dll.pdf - Published Version

Download (339kB)
[img] Text (BAB I)
Fira Khairatul Ummah_1912030048_BAB I.pdf - Published Version

Download (403kB)
[img] Text (BAB III)
Fira Khairatul Ummah_1912030048_BAB III.pdf - Published Version

Download (174kB)
[img] Text (BAB V dan Daftar Pustaka)
Fira Khairatul Ummah_1912030048_BAB V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (95kB)
[img] Text (Full Text)
Fira Khairatul Ummah_1912030048_Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya angka pernikahan dan makin meningkatnya angka perceraian di kota Padang maka kantor Kementerian Agama Kota Padang membentuk program Belajar Rahasia Nikah (BERKAH) yang berkoordinasi dengan Kantor Urusan Agama (KUA) untuk meminimalisir angka perceraian. Penggerakan yang merupakan salah satu cara agar tercapainya kegiatan atau program secara maksimal. Hal ini diketahui bahwa staf Bimbingan Masyarakat (BIMAS) Islam tidak sepenuhnya mengetahui tugas pokok dan fungsinya masing-masing. Hal ini disebutkan bahwa tidak seluruh staf yang ikut dalam rapat untuk membentuk kepanitiaan pelaksanaan kegiatan. Koordinasi dan komunikasi secara langsung antara staf dan kepala minim sekali, hanya ketika rapat bulanan dan ketika ada yang perlu dibahas saja. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemberian motivasi, bimbingan, koordinasi dan komunikasi oleh Kasi Bimas Islam kepada bawahan terhadap program Berkah di Kementerian Agama Kota Padang. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif karena dianggap relevan untuk mendeskripsikan permasalahan yang terjadi di lapangan. Sumber data primernya adalah Kasubbag Kantor Kementerian Agama Kota Padang, Kepala Seksi Bimas Islam, Staf di Seksi Bimas Islam. Sedangkan sumber data sekundernya diperoleh dari buku-buku dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian, pemberian motivasi seperti motivasi intrinsik memberikn staf pekerjaan yang sesuai dengan kemampuannya sehigga staf bersemangat dalam menajalankan tugas, sedangkan ekstrinsik memberikan reward, ucapan selamat, piagam atau penghargaan. Pemberian bimbingan yaitu arahan kepada staf dengan cara nasehati dan berdiskusi setiap ada pekerjaan yang kurang dipahami oleh staf dan Bimbingan tertulis yang berikan kepada bawahan berupa memberikan pelatihan bimbingan perkawinan kepada staf. Koordinasi yaitu mengadakan musyawarah atau rapat dan manjalin hubungan dengan Instansi yang terkait. Komunikasi yaitu melakukan komunikasi formal bertatap muka seperti memanggil staf ke ruangannya untuk membahas pekerjaan yang sangat penting seperti apabila akan melaksanakan program Belajar Rahasia Nikah (BERKAH) sedangkan komunikasi informal dengan menggunakan handphone (Whatsapp) apabila ada hal yang penting untuk dibicarakan serta untuk menanyakan tugas masing-masing bawahan dan jika terjadi kendala dalam melakukan Program Belajar Rahasia Nikah (BERKAH)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Hukum Keluarga, Hukum Perkawinan, Hukum Pernikahan Menurut Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 18 Sep 2023 07:21
Last Modified: 04 Oct 2023 04:23
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13868

Actions (login required)

View Item View Item