Peran Guru Pendidikan Agama Islam Pada Program Boarding School dalam Pembinaan Akhlakul Karimah Siswa/i SMA Negeri 7 Kabupaten Solok Selatan

Oktarani, Mutia (2023) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Pada Program Boarding School dalam Pembinaan Akhlakul Karimah Siswa/i SMA Negeri 7 Kabupaten Solok Selatan. Skripsi thesis, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

This is the latest version of this item.

[img] Text (Cover, Persetujuan Pembimbing, Pengesahan Tim Penguji, Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi)
Cover, Persetujuan Pembimbing, Pengesahan Penguji, abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (489kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (316kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (192kB)
[img] Text (BAB V dan Daftar Pustaka)
BAB V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (196kB)
[img] Text (Fulltext)
SKRIPSI FULL OKTARANI MUTIA 1914010067 Watermark.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum banyak siswa yang tertarik untuk mengikuti program boarding school SMAN 7 Solok Selatan. Penyebabnya siswa yang merasa keberatan dikarenakan target yang harus dicapai dalam program boarding school SMAN 7 Solok Selatan. Boarding school di SMAN 7 Solok Selatan baru dirintis sehingga ada beberapa aspek dan kegiatan perlu dimatangkan agar dalam pelaksanaannya dapat berjalan dengan baik serta tujuan dapat mudah dicapai. Serta adanya latar belakang yang berbeda-beda antar peserta didik. Dengan berbagai problematika yang ada peran guru PAI diharapkan mampu meminimalisir dan memberikan efek positif bagi perkembangan boarding school di SMAN 7 Solok Selatan . Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan peran guru PAI pada program boarding school dalam pembinaan akhlakul karimah siswa/i SMA Negeri 7 Kabupaten Solok Selatan; (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat peran guru PAI pada program boarding school dalam pembinaan akhlakul karimah siswa/i SMA Negeri 7 Kabupaten Solok Selatan. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif melalui pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan (1) Observasi; (2) Wawancara; (3) Dokumentasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) Peran guru pendidikan agama Islam pada program boarding school ada empat yaitu guru berperan sebagai fasilitator, edukator, motivator, dan inspirator; (2) Faktor pendukung dalam penerapan program boarding school terdiri dari Pihak sekolah yang selalu mendukung kegiatan program boarding school, dukungan orangtua, dan sarana dan prasarana yang lengkap. Sedangkan faktor penghambat terdiri dari penerapan program boarding school masih menyatu dengan program di sekolah, dan siswa masuk asrama itu karena bukan keinginanannya tetapi karena orangtuanya dan karena ajakan teman-temannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: peran guru PAI, boarding school, akhlakul karimah.
Subjects: Agama Islam > Filsafat dan Perkembangan Islam > Pendidikan Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 17 Sep 2023 15:49
Last Modified: 29 Sep 2023 04:31
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13848

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item