Pemberdayaan Perempuan dalam Peningkatan Ekonomi oleh Kelompok Perempuan Usaha Kecil (KPUK) di Kelurahan Batu Gadang Kota Padang

Lolita, Lolita (2023) Pemberdayaan Perempuan dalam Peningkatan Ekonomi oleh Kelompok Perempuan Usaha Kecil (KPUK) di Kelurahan Batu Gadang Kota Padang. Skripsi thesis, FAKULTAS DAKWAH DAN ILMU KOMUNIKASI.

[img] Text (COVER, DLL)
COVER DLL.pdf - Published Version

Download (858kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (620kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (283kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (499kB)
[img] Text (BAB I-V)
skripsi lolita bab I-V (selesai).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Pemberdayaan perempuan dilakukan karena ketidakmampuan perempuan untuk mengakses dan mengembangkan potensi yang ada pada diri mereka. Berdirinya KPUK ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian perempuan yang ada di Batu Gadang tersebut, dengan dilakukan pemberdayaan terhadap perempuan dan ibu-ibu yang tidak memiliki penghasilan dan tidak memiliki usaha. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Informan pada penelitian ini adalah ketua KPUK berserta beberapa anggota dari KPUK sebanyak 6 orang, dan direktur dari LP2M beserta staf LP2M sebanyak 2 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang penulis gunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan data yang telah penulis dapatkan mengenai Pemberdayaan Perempuan Oleh Kelompok Perempuan Usaha Kecil (KPUK) di Kelurahan Batu Gadang Kota Padang dapat disimpulkan bahwa: (1) metode pemberdayaan yang digunakan oleh KPUK ini adalah Participatory Rapid Appraisal (PRA) dan Pendidikan Orang Dewasa (andragogi). (2) pemberdayaan yang dilakukan oleh KPUK ini yaitu pemberdayaan pada peningkatan ekonomi yang mana dimulai dengan proses penyadaran, pelatihan atau penguatan, dan proses pendampingan. (3) faktor penghambat dalam proses pemberadayaan KPUK ini yaitu rendahnya pemahaman anggota tentang pentingnya nilai-nilai berkelompok, rendahnya komunikasi, kurangnya partisipasi dalam pertemuan, rendahnya kemampuan dalam mengembangkan usaha, dan rendahnya kemampuan dan pengetahuan tentang pemanfaatan teknologi informasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan,Perempuan, Peningkatan Ekonomi,KPUK
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 18 Sep 2023 02:59
Last Modified: 18 Sep 2023 02:59
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13847

Actions (login required)

View Item View Item