Pengaruh Pressure, Opportunity, Rationalization, dan Capability terhadap Kecurangan Laporan Keuangan (Studi Empiris pada Perusahaan BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2018-2022

Putra, Rizki Pratama (2023) Pengaruh Pressure, Opportunity, Rationalization, dan Capability terhadap Kecurangan Laporan Keuangan (Studi Empiris pada Perusahaan BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2018-2022. Skripsi thesis, FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM.

[img] Text (Cover)
Cover - Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Bab 3)
Bab III.pdf - Published Version

Download (366kB)
[img] Text (Bab 5)
BAB V - Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (286kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Bab 1)
Bab I.pdf - Published Version

Download (244kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pressure, opportunity, rationalization dan capability terhadap kecurangan laporan keuangan pada perusahaan BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2022. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi data panel dengan dibantui oleh sofware E-views 12. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini diambil dengan metode purposive sampling didapatkan perusahaan yang memenuhi kriteria berjumlah 12 perusahaan selama 5 tahun periode penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pressure yang diproksikan dengan financial target dan opportunity yang diproksikan dengan ineffective monitoring berpengaruh signifikan terhadap kecurangan laporan keuangan. Sedangkan variabel rationalization yang diproksikan dengan change in auditor dan capability yang diproksikan change in directors tidak berpengaruh signifikan terhadap kecurangan laporan keuangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pressure, Opportunity, Rationalization, Capability, Kecurangan Laporan Keuangan
Subjects: U Umum (General) > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Ruang Baca FEBI
Date Deposited: 22 Sep 2023 04:00
Last Modified: 03 Oct 2023 07:58
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13845

Actions (login required)

View Item View Item