Respons Peserta Didik terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Kelas VII SMP Negeri 2 Padang Panjang

Ayuni, Fitri (2023) Respons Peserta Didik terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Kelas VII SMP Negeri 2 Padang Panjang. Skripsi thesis, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text (Cover dll)
Fitri Ayuni. NIM 1914010126. Cover dll.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
Fitri Ayuni. NIM 1914010126. BAB 1.pdf - Published Version

Download (344kB)
[img] Text (BAB III)
Fitri Ayuni. NIM 1914010126. BAB 3.pdf - Published Version

Download (347kB)
[img] Text (BAB V dan Daftar Pustaka)
Fitri Ayuni. NIM 1914010126. BAB 5.pdf - Published Version

Download (286kB)
[img] Text (Full Text)
Fitri Ayuni. NIM 1914010126. FullText.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terlaksananya dengan baik kurikulum merdeka di SMP Negeri 2 Padang Panjang. Diketahui dalam pembelajaran pendidik sudah melaksanakan asesmen awal, lalu pendidik menganalisis hasil asesmen awal tersebut lalu mengelompokkan peserta didik sesuai dengan karakter dan gaya belajar peserta didik. Pada tahap pelaksanaan pendidik juga menggunakan strategi dan metode pembelajaran serta sumber belajar yang bervariasi sesuai dengan gaya belajar peserta didik. Pada tahap terakhir pendidik memberikan laporan terhadap hasil belajar peserta didik serta melakukan evaluasi terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar respons peserta didik terhadap implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran PAI & BP. Dimulai dari pelaksanaan asesmen awal, strategi pembelajaran, sumber belajar, dan media pembelajaran serta pelaksanaan evaluasi pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitiannya adalah peserta didik di kelas VII SMP Negeri 2 Padang Panjang tahun ajaran 2022/2023 dengan sampel berjumlah 101 orang peserta didik. Teknik Pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan persentase dan selanjutnya di deskripsikan. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat diketahui bahwa respons peserta didik terhadap implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di kelas VII SMP Negeri 2 Padang Panjang sudah terlaksana dan dapat diterima serta menghasilkan respons cukup baik dari peserta didik. Dalam pelaksanaan asesmen awal diperoleh respons baik dari peserta didik dengan persentase mencapai 82,3%. Dalam penerapan strategi pembelajaran diperoleh respons cukup baik dari peserta didik dengan persentase mencapai 78,9%. Dalam pemilihan sumber belajar diperoleh respons baik dari peserta didik dengan persentase mencapai 80,0%. Dalam pemilihan media pembelajaran diperoleh respons cukup baik dari peserta didik dengan persentase mencapai 79,8%. Dalam evaluasi pembelajaran diperoleh respons cukup baik dari peserta didik dengan persentase tertinggi mencapai 79,4%. Dari hasil data diatas terlihat pelaksanaan asesmen awal mendapatkan persentase tertinggi, walaupun ini merupakan hal baru, tingginya respons peserta didik dikarenakan peserta didik sangat merasakan adanya kegiatan penilaian sebelum memulai pembelajaran untuk mengetahui kemampuan awal peserta didik. Dan persentase terendah terdapat pada pelaksanaan strategi pembelajaran, hal ini karena peserta didik masih merasa asing dengan strategi diferensiasi yang merupakan hal baru bagi peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kurikulum Merdeka, Pendidikan Agama Islam
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Agama Islam > Filsafat dan Perkembangan Islam > Pendidikan Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 24 Sep 2023 00:22
Last Modified: 04 Oct 2023 06:39
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13842

Actions (login required)

View Item View Item