Pelaksanaan Perwako Padang Nomor 36 Tahun 2018 Tentang Pengendalian Kantong Belanja Plastik Perspektif Siyasah Syar'iyah (Studi Kasus di Pasar Raya Padang)

Khalsum, Umi (2023) Pelaksanaan Perwako Padang Nomor 36 Tahun 2018 Tentang Pengendalian Kantong Belanja Plastik Perspektif Siyasah Syar'iyah (Studi Kasus di Pasar Raya Padang). Skripsi thesis, FAKULTAS SYARI'AH.

[img] Text (Cover, Pengesahan, Persetujuan Pembimbing, Kata Pengantar, Daftar Isi)
Cover, Pengesahan, Persetujuan Pembimbing, Kata Pengantar, Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (942kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (644kB)
[img] Text (BAB V-DAFTAR PUSTAKA)
BAB V- DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (637kB)
[img] Text (Full Text)
SKRIPSI FULLTEXT UMI KHALSUM.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini berjudul "Pelaksanaan Perwako Padang Nomor 36 Tahun 2018 tentang Pengendalian Kantong Belanja Plastik Perspektif Siyasah Syar'iyah (Studi Kasus di Pasar Raya Padang)". Disusun oleh Umi Khalsum, NIM 1913030126, Jurusan Hukum Tata Negara Fakultas Syari'ah UIN Imam Bonjol Padang Tahun 2019. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya penggunaan kantong plastik yang tidak ramah lingkungan dan kurangnya penerapan pengelolaan pengurangan kantong plastik di Pasar Raya Padang, padahal Peraturan Walikota Padang Nomor 36 tahun 2018 tentang Pengendalian Kantong Belanja Plastik telah mengatur hal tersebut. Namun mayoritas pelaku usaha tidak mengetahui Peraturan Walikota Padang tersebut dan tidak menerapkannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana Pelaksanaan Perwako Padang Nomor 36 Tahun 2018 tentang Pengendalian Kantong Belanja Plastik Perspektif Siyasah Syar'iyah (Studi Kasus di Pasar Raya Padang). Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis empiris yang dengan kata lain adalah jenis penelitian hukum sosiologis atau disebut juga penelitian lapangan. Adapun data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, Pelaksanaan Peraturan Walikota Padang Nomor 36 tahun 2018 tentang Pengendalian Kantong Belanja Plastik di Pasar Raya Padang belum terlaksana dengan baik karena mayoritas pedagang tidak mengetahui dan tidak menggunakan kantong belanja plastik yang ramah lingkungan dan juga tidak melakukan upaya dalam pengendalian kantong plastik, Kedua Adapun faktor yang menjadi pendukung perwako ini yaitu : Sosialisasi kepada masyarakat, pengecekan/pengontrolan, pembagian kantong belanja ramah lingkungan dan hasil daur ulang, pemberian insentif dan pemanfaatan limbah kantong plastik. Sedangkan faktor yang menjadi penghambat pelaksanaannya yaitu : Kesadaran pedagang dan pembeli yang rendah, mahalnya harga kantong plastik yang ramah lingkungan, kurangnya pengawasan, solusi maksimal dari Pemerintah dan sanksi yang tegas seperti pidana dan denda, dan tidak ada penyampaian atau sosialisasi kepada distributor kantong plastik. Ketiga Pelaksanaan perwako ini belum mencapai kemaslahatan yang ada dalam siyasah syar'iyah karena perwako ini dari segi pelaksanaanya belum berjalan dengan baik dan pemerintah belum melakukan upaya yang maksimal sehingga belum mencermikan siyasah syar’iyah dan masih terdapat beberapa prinsip-prinsip dari siyasah syar'iyah yang belum terpenuhi dalam aspek pelaksanaannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peraturan Walikota, Kantong Plastik, Siyasah Syar'iyah
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 18 Sep 2023 07:16
Last Modified: 18 Sep 2023 07:16
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13837

Actions (login required)

View Item View Item