Analisis keterampilan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengingkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Padang

Lubis, Fauzan Ahmad (2023) Analisis keterampilan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengingkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Padang. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover dll)
cover, pesengesahan dll.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (741kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (431kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (507kB)
[img] Text (Full Text)
skrpsi komplit.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul: “Analisis Keterampilan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Padang”. Ditulis oleh Ahmad Fauzan Lubis, NIM. 1614010165. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang. Guru-guru PAI harus selalu memotivasi belajar siswa-siswa, agar mereka tidak lupa dengan pembelajaran yang mempelajari tentang agama, yang berakibat menurunya hasil belajar siswa. disinilah perlunya keterampilan mengajar guru dalam memotivasi siswa agar lebih tertarik serta siswa dapat memotivasi dirinya mengenai seberapa penting penerapan pendidikan agama islam dalam kehidupan sehari-hari. Dari masalah-masalah yang penulis paparkan diatas, penulis tertarik untuk membahas dan meneliti, tentang keterampilan guru dalam meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam di SMK N 2 Padang, dengan judul: “analisis keterampilan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siwa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMK N 2 Padang” Rumusan masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana keterampilan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siwa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK N 2 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif artinya data yang dikumpulkan bukan berupa angka-angka melainkan data tersebut berupa naskah wawancara, gambar-gambar. Untuk memperoleh data yang akurat, maka peneliti menggunakan metode pengumpulan data yang berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis penelitian yang penulis gunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah: Proses pelaksanaan pembelajaran PAI di SMK N 2 Padang sudah berjalan dengan baik. Hal itu didukung dengan keterampilan yang dimiliki oleg guru dalam proses pebelajaran. Adapaun keterampilan yang dimiliki guru itu adalah: (1) Keterampilan penguatan yang diterapakn guru meliputi verbal dan non verbal telah diterapkan dengan baik. (2) Keterampilan variasi pembelajaran dalam penerapannya juga berhasil dilihat dari antusiasme siswa dalam mengikuti peroses pembelajaran, penyusunan dan penggunaan media guru sudah terampil begitu juga dalam intonasi suara, variasi gerakan sudah terlihat profesional (3) Dalam pengelolaan kelas guru juga sudah semaksimal mungkin menerapkannya. Namun dihambat dengan kurikulum yang sislih berganti, salah satunya kurikulum merdeka. Kata Kunci: Analisis, Keterampilan Guru, Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SMK N 2 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Keterampilan Guru, Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SMK N 2 Padang.
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 2
Date Deposited: 30 Jan 2024 07:55
Last Modified: 30 Jan 2024 07:57
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13824

Actions (login required)

View Item View Item