Hubungan Law of Attraction dengan Iman dan Tawakal menurut Imam Thabari dalam Tafsir Jami’ul Bayan an Ta’wil Ayyi Al- Qur’an

Kasri, Rahmi (2023) Hubungan Law of Attraction dengan Iman dan Tawakal menurut Imam Thabari dalam Tafsir Jami’ul Bayan an Ta’wil Ayyi Al- Qur’an. Skripsi thesis, Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama.

[img] Text (FULL TEXT SKRIPSI RAHMI KASRI S1)
FULL TEXT SKRIPSI RAHMI KASRI S1.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text (Cover,pengesahan,persetujuan,kp,rahmikasri)
cover,pengesahan,persetujuan,kp,di Rahmi Kasri.pdf - Published Version

Download (6MB)
[img] Text (BAB 1 RAHMI KASRI)
BAB 1 RAHMI KASRI S1.pdf - Published Version

Download (337kB)
[img] Text (BAB III RAHMI KASRI)
BAB III RAHMI KASRI.pdf - Published Version

Download (268kB)
[img] Text (BAB V-DAFTAR PUSTAKA)
BAB V- DP RAHMI KASRI S1.pdf - Published Version

Download (358kB)

Abstract

Realitas kehidupan seringkali menunjukkan bahwa manusia pada kenyataanya menginginkan kehidupan yang bahagia. Kajian law of attraction dalam hal ini memberikan pengetahuan ayat-ayat iman dan tawakal terkait konsep law of attraction menurut penafsiran imam Thabari. Penelitian ini menggunakan penelusuran studi pustaka dan termasuk kepada kualitatif. Adapun sumber data yang penulis gunakan diantaranya, data primer dan sekunder. Data primer dalam penelitian ini langsung terkhusus pada tafsiran Al-Quran yaitu Tafsir Jami’ul Bayan an Ta’wil Ayyi Al-Quran karya Imam Ath-Thabari, Akemudian data sekunder diperoleh dari tangan kedua yang telah diolah diantaranya kitab-kitab dan keterangan dari hadits-hadits serta buku- buku dan karya-karya lain yang memiliki pokok pembahasan yang sama. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu mengumpulkan berbagai sumber bacaan, mengklasifikasikan data primer dan sekunder, menelaah ayat-ayat Al-Quran terkait konsep law of attraction, mengumpulkan tafsiran Thabari terkait konsep law of atraction, memadukan sumber yang didapat. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu menetapkan tokoh dalam penelitian, menginventerisasi data dan menyeleksinya terkhusus pada kitab tafsir Thabari, menglasifikasikan mengenai elemen-elemen penting yang berkaitan dengan iman dan tawakal serta konsep dalam law of Attraction, selanjutnya data dikaji dan diabstraksikan melalui metode deskriptif, dan membuat kesimpulan secara cermat. Hasil penelitian ini menunjukkan diantaranya 1)ayat-ayat Al-Quran mengenai iman dan tawakal yang berkaitan dengan konsep law of attraction dalam tafsir Thabari diantaranya Qs.Ali-Imran:122, Qs.Ali-Imran:160, Qs.Al-Maidah:23, Qs.At-Taubah:51, Qs.Al-Mujadalah:10 2)Penafsiran iman Thabari dalam ayat tersebut ditemukan konsep law of attraction yakni believe dengan Iman dan Receive dengan Tawakal 3)keterkaitan ayat-ayat Al-Quran pada konsep law of attraction yaitu ask (meminta) sebagai bentuk manifestasi, believe (keyakinan) kepercayaan yang kuat dan menarik pikiran dominan serta receive (menerima) sebagai bentuk penyerahan pada kekuasaan yang lebih besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Law of Attraction, Iman dan Tawakkal, tafsir Ath-Thabari
Subjects: Agama Islam > Al-Qur'an dan Ilmu Berkaitan > Asbabul Nuzul
Agama Islam > Al-Qur'an dan Ilmu Berkaitan > Tafsir Al-Qur'an
Agama Islam > Al-Qur'an dan Ilmu Berkaitan > Ilmu Tafsir
Divisions: Program Pascasarjana > Program Magister > Ilmu Al-Qur`an dan Tafsir
Depositing User: Ruang Baca FUSA
Date Deposited: 03 Oct 2023 03:36
Last Modified: 03 Oct 2023 03:36
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13816

Actions (login required)

View Item View Item