Pola Pemberdayaan PT. Permodalan Nasioanal Madani (PNM) Mekaar Syariah Dalam Peran Mengembangkan Usaha Kecil Di Kampung Muara Tambangan Nagari Cubadak Barat Kabupaten Pasaman

Khusada, Tiara Kemala (2023) Pola Pemberdayaan PT. Permodalan Nasioanal Madani (PNM) Mekaar Syariah Dalam Peran Mengembangkan Usaha Kecil Di Kampung Muara Tambangan Nagari Cubadak Barat Kabupaten Pasaman. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (BAB I)
Bab 1 Tiara.pdf - Published Version

Download (762kB)
[img] Text (BAB III)
Bab 3 Tiara.pdf - Published Version

Download (654kB)
[img] Text (BAB V)
Bab 5 Tiara.pdf - Published Version

Download (748kB)
[img] Text (Abstrak dan Pengesahan)
Abstarak dan penegsahan.pdf - Published Version

Download (527kB)
[img] Text (Skripsi full)
skripsi full .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan, bahwa untuk meningkatkan perekonomian lebih dari 50% masyarakat di kampung muara tambangan nagari cubadak mengajukan pembiayaan modal untuk usaha kepada lembaga-lembaga yang dibuat oleh pemerintah. Salah satunya adalah PNM Mekaar Syariah. Tujuannya untuk mengetahui bagaiamana pola pemberyaan yang dilakukan oleh Mekaar Syariah. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif karena sebagian besar data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari wawancara kepada subyek penelitian dalam bentuk kalimat atau narasi. Berdsarkan hasil penelitian yang dilakukan di PNM Mekaar Syariah Unit Dua Koto dapat di tarik kesimpulan bahwa pola pemberdayaan yang dilakukan oleh PT. PNM Mekaar Syariah yaitu : 1) Mekanisme pembiayaan PT. PNM Mekaar Syariah terhadap usaha kecil dan UMKM adalah nasabah yang mendapatkan pembiayan adalah nasabah perempuan dengan minimal usia 18-60 tahun, pembiayaan yang diberikan untuk modal kerja untuk usaha atau membuka usaha dengan syarat tertentu. 2) PT PNM Mekaar Syariah ini sangat besar sekali perannya dalam mengembangkan usaha kecil di Kampung Muara Tambangan. Dengan memberikan pembiayaan modal usaha bagi para perempuan untuk digunakan secara efektif, baik untuk memulai dan mengembangkan usaha sesuai dengan apa yang diinginkan. Dengan memberikan pelatihan maupun pengawasan kepada para nasabah, sehingga masyarakat mendapatkan ilmu untuk mengembangkan usahanya. 3) Pemanfaatan modal usaha yang dilakukan ibu-ibu atau nasabah setelah mendapatkan pembiayaan modal dari PT PNM Mekaar Syariah dapat dipergunakan untuk mengembangkan usaha serta memberdayakan perekonomian keluarga dengan menciptakan suasana yang memungkinkan potensi ekonomi keluarga berkembang dan menciptakan kebersamaan dalam keluarga agar tercapinya kesejahteraan keluarga bagi nasabah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pola Pemberdayaan Masyarakat, Usaha Kecil
Subjects: U Umum (General)
Depositing User: Ruang Baca FEBI
Date Deposited: 13 Oct 2023 05:39
Last Modified: 13 Oct 2023 05:39
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13798

Actions (login required)

View Item View Item