Aktivitas Tambang Timah Rakyat Ditinjau dari Konsep Maslahah dan Undang-Undang (Studi Kasus di Kampung Tanjung Kelurahan Tanjung Kecamatan Muntok Kabupaten Bangka Barat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung)

Putri, Afifa Irwinda (2022) Aktivitas Tambang Timah Rakyat Ditinjau dari Konsep Maslahah dan Undang-Undang (Studi Kasus di Kampung Tanjung Kelurahan Tanjung Kecamatan Muntok Kabupaten Bangka Barat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung). Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover)
Afifa Irwinda Putri_1713030167_Cover Dll - Rahayu Guci.pdf - Published Version

Download (6MB)
[img] Text (BAB I)
Afifa Irwinda Putri_1713030167_BAB I - Rahayu Guci.pdf - Published Version

Download (950kB)
[img] Text (BAB III)
Afifa Irwinda Putri_1713030167_BAB III - Rahayu Guci.pdf - Published Version

Download (8MB)
[img] Text (BAB V)
Afifa Irwinda Putri_1713030167_BAB V-Daftar Pustaka - Rahayu Guci.pdf - Published Version

Download (620kB)
[img] Text (Fulltext)
Afifa Irwinda Putri_1713030167_Fulltext - Rahayu Guci.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya aktivitas tambang. Pelaksanaan aktivitas tambang timah rakyat yang dilakukan oleh penambang guna untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dan merupakan maslahat bagi penambang. Pertanyaan penelitian ini adalah 1.Kerugian apa yang ditimbulkan akibat adanya aktivitas tambang timah rakyat diKampung Tanjung? 2. Keuntungan apa yang diperoleh dari adanya aktivitas tambang timah rakyat di Kampung Tanjung ? 3. Bagaimana pandangan konsep maslahah dan Undang-Undang terhadap aktivitas tambang timah rakyat diKampung Tanjung? Untuk menjawab persoalan di atas penulis melakukan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi dengan menggunakan metode kualitatif. Kemudian data yang sudah terkumpul ditulis dengan cara analisi deskriptif kualitatif. Adapun informan penelitian ini, yaitu penambang dan warga sekitar daerah tambang, pemerintan kelurahan dan Dinas Lingkungan Hidup. Berdasarkan penelitian yang dilakukan maka disimpulkan bahwa 1.Kerugian yang dirasakan akibat adanya aktivitas tambang timah rakyat diKampung Tanjung, yaitu merusak lingkungan dan merugikan masyarakat sekitar daerah tambang 2. Keuntungan yang dihasilkan dari aktivitas tambang timah rakyat di Kampung Tanjung, yaitu membantu perekonomian masyarakat,meningkatkan taraf hidup masyarakat dan sebagai lapangan pekerjaan bagi masyarakat 3. Aktivitas tambang timah rakyat menimbulkan kemaslahatan bagi penambang, namun menimbulkan kemudaratan bagi lingkungan dan warga sekitar, seharusnya antara kemaslahatan penambang, lingkungan dan orangbanyak harus mendapatkan kemaslahatan yang seimbang, selain itu aktivitas tambang timah rakyat termasuk aktivitas tambang yang ilegal dan tidak memiliki izin lingkungan karena memang jarang sekali aktivitas tambang timah rakyat yang dilakukan secara manual memiliki izin dan legal karena dianggap hanya penambangan berskala kecil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Mu'amalah
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca Fakultas Syariah
Date Deposited: 01 Feb 2024 03:58
Last Modified: 01 Feb 2024 03:58
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13783

Actions (login required)

View Item View Item