PENGARUH INOVASI LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENABUNG DI BANK SYARIAH INDONESIA KOTA PADANG YANG DIMEDIASI OLEH REPUTASI PERUSAHAAN

Alganel, Nadya (2023) PENGARUH INOVASI LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENABUNG DI BANK SYARIAH INDONESIA KOTA PADANG YANG DIMEDIASI OLEH REPUTASI PERUSAHAAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (COVER)
Nadya Alganel 1916050096 Cover.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
Nadya Alganel 1916050096 BAB I.pdf - Published Version

Download (325kB)
[img] Text (BAB III)
Nadya Alganel 1916050096 BAB III.pdf - Published Version

Download (326kB)
[img] Text (BAB V)
Nadya Alganel 1916050096 BAB V.pdf - Published Version

Download (184kB)
[img] Text (FULL TEXT)
Nadya Alganel 1916050096 full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis : (1) Pengaruh inovasi layanan terhadap keputusan nasabah menabung di Bank Syariah Indonesia Kota Padang. (2) Pengaruh inovasi layanan terhadap reputasi perusahaan di Bank Syariah Indonesia Kota Padang. (3) Pengaruh reputasi perusahaan terhadap keputusan nasabah menabung di Bank Syariah Indonesia Kota Padang. (4) Pengaruh inovasi layanan terhadap keputusan nasabah menabung di Bank Syariah Indonesia Kota Padang yang dimediasi oleh reputasi perusahaan. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Populasi dalam sampel penelitian ini adalah seluruh nasabah Bank Syariah Indonesia KK UNP yang berjumlah 3500 orang. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Patrial Least Square (PLS) melalui software SmartPLS 3.2.9 untuk menganalisis hipotesis. Hasil penelitian ini (1) Inovasi layanan secara langsung bengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah menabung di Bank Syariah Indonesia Kota Padang. Terlihat dalam hal penggunaan mobile banking yang memberikan kemudahan dalam fitur-fitur layanan.(2) Inovasi layanan secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap reputasi perusahaan di Bank Syariah Indonesia Kota Padang. Terlihat dalam hal penggunaan layanan-layanan terbaik baik dalam sistem operasional pelayanan (SOP) yang jelas dan untuk terus meningkatkan layanan pada mobile banking yang akan berdampak baik bagi reputasi perusahaan. (3) Reputasi perusahaan secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah menabung di Bank Syariah Indonesia Kota Padang. Terlihat dalam hal reputasi BSI yang baik dan tidak adanya yang menujukan citra yang buruk. (4) Inovasi layanan secara tidak langsung berpengaruh positif dan signifikan mempengaruhi keputusan nasabah melalui reputasi perusahaan sebagai mediasi. Terlihat dalam hal ini reputasi BSI memiliki nama baik dan menjadi dasar bagi reputasi perusahaan memediasi hubungan antara inovasi layanan dan keputusan nasabah menabung. Untuk penelitian selanjutnya lebih baik mengeksplorasi lebih banyak variabel-variabel lain atau kasus BSI error yang terjadi baru-baru ini untuk diangkat menjadi masalah pada layanan BSI. Kata kunci : Inovasi Layanan, Keputusan Nasabah, Reputasi Perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Inovasi Layanan, Keputusan Nasabah, Reputasi Perusahaan
Subjects: U Umum (General) > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca FEBI
Date Deposited: 11 Oct 2023 04:01
Last Modified: 11 Oct 2023 04:01
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13782

Actions (login required)

View Item View Item