Pengaruh Ekonomi Kreatif Terhadap Tingkat Pendapatan Industri sablon di Kecamatan Koto Tangah Kota Padang

Harizalmi, Dana (2023) Pengaruh Ekonomi Kreatif Terhadap Tingkat Pendapatan Industri sablon di Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text (Cover, Pengesahan, Persetujuan, Abstrak, Kata Pengantar, Daftar isi)
Cover, Pengesahan, Persetujuan, Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi SKRIPSI_Dana Harizalmi (1916010012).pdf - Published Version

Download (731kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I SKRIPSI_Dana Harizalmi (1916010012).pdf - Published Version

Download (259kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III SKRIPSI_Dana Harizalmi (1916010012).pdf - Published Version

Download (246kB)
[img] Text (BAB V - DAFTAR PUSTAKA)
BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (216kB)
[img] Text (SKRIPSI DANA HARIZALMI FULL TEXT)
SKRIPSI DANA HARIZALMI (1916010012) FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Ekonomi kreatif dipandang sebagai sektor ekonomi baru yang dapat memberikan dampak positif dan peningkatan pendapatan pada suatu usaha atau industri. Ekonomi kreatif muncul sebagai konsep ekonomi baru yang menggabungkan pengetahuan dan kreativitas berdasarkan ide, gagasan, dan pengetahuan dari sumber daya manusia sebagai faktor produksi. Penerapan ekonomi kreatif dalam suatu industri sangat lah diperlukan, hal ini dikarenakan ekonomi kreatif menuntut adanya kreativitas dan inovasi dalam menciptakan dan mengembangkan suatu produk, sehingga dapat meningkatkan daya jual serta menambah tingkat pendapatan industri. Untuk itu penelitian ini akan menganalisis seberapa berpengaruhnya ekonomi kreatif terhadap tingkat pendapatan suatu industri sablon, khususnya yang ada di Kecamatan Koto Tangah. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh ekonomi kreatif terhadap tingkat pendapatan industri sablon di Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui angket atau kuesioner. Populasi pada penelitian ini adalah industri sablon yang berada di Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Teknik Sampling Jenuh, dimana seluruh populasi diambil menjadi sampel yaitu sebanyak 15 responden. Dengan teknik analisis data, dengan menggunakan regresi linear sederhana dengan bantuan perangkat SPSS versi 25. Berdasarkan hasil kuesioner yang telah disebar dan kemudian dilakukan analisis data diperoleh secara parsial signifikansi 0.042 < 0.05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa ekonomi kreatif berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan pendapatan industri sablon di Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Dari hasil koefisien determinan (R2) menunjukan bahwa R square sebesar 0.28, ini berarti kontribusi dari variabel independen terhadap tingkat pendapatan industri sablon Kecamatan Koto Tangah Kota Padang sebesar 28.2%, sedangkan sisanya 71.8% lagi dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian penulis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ekonomi Kreatif, Pendapatan
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca FEBI
Date Deposited: 01 Oct 2023 01:46
Last Modified: 11 Oct 2023 03:21
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13778

Actions (login required)

View Item View Item