Resepsi Fungsional Al-Qur’an (Studi Kasus Pengobatan di Jorong Koto Sibauak Nagari Tanjuang Alam Kecamatan Tanjuang Baru Kabupaten Tanah Datar)

Aziz, Muhammad Abdul (2023) Resepsi Fungsional Al-Qur’an (Studi Kasus Pengobatan di Jorong Koto Sibauak Nagari Tanjuang Alam Kecamatan Tanjuang Baru Kabupaten Tanah Datar). Skripsi thesis, FAKULTAS USHULUDDIN DAN STUDI AGAMA.

[img] Text (Cover-Daftar Isi)
Cover-Daftar Isi Skripsi.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I Skripsi.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III Skripsi.pdf - Published Version

Download (468kB)
[img] Text (BAB V-Daftar Pustaka)
BAB V-Daftar Pustaka Skripsi.pdf - Published Version

Download (645kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh seorang dukun yang menggunakan ayat-ayat al-Qur’an sebagai media dalam pengobatan, dan penggunaan ayat al-Qur’an sebagai obat itu diminati oleh masyarakat. Pada penelitian ini saya ingin menggali bagaimana masyarakat dan dukun tersebut memaknai fungsi dari al-Qur’an. Pertanyaan dalam penelian ini yaitu bagaimana fungsi al-Qur’an sebagai obat fisik dan bagaimana fungsi al-Qur’an sebagai obat mental. Dalam penelitian ini peneliti berusaha mengungkap bagaimana seseorang menerima penggunaan al-Qur'an sebagai obat. Oleh karena itu, teori resepsi fungsional peneliti gunakan dalam menginterpretasi bagaimana dukun tersebut menggunakan ayat al-Qur’an dalam pengobatan fisik ataupun mental, serta bagaimana pasien menerima al-Qur’an sebagai obat fisik dan mental. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis interaktif Miles dan Huberman, yakni reduksi data, display data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menemukan: Pertama, penyakit fisik yang diobati oleh dukun yaitu sakit kulit, demam, sakit perut, sakit kepala, campak, keseleo, stroke, dan kolesterol. Ayat al-Qur’an yang digunakan yaitu Surat al-Fatihah 1-7, as-Syu’ara ayat 80, dan al-Isra’ ayat 82. Pada lafadz “syifa’”diucapkan 3 kali. Bacaan ayat ini dilafadzkan dengan memegang bagian organ tubuh yang sakit. Setelah dibacakan ayat yang bersangkutan, dukun memberikan motivasi untuk ikhtiar sembuh dan dilanjutkan pijatan pada organ yang sakit. Ayat-ayat tersebut dibacakan juga pada air yang disediakan oleh dukun untuk dibawa pulang pasien dan diminum di rumah. Penyembuhan setiap pasien akan dirasakan jika hati dan fikirannya mantap dan yakin. Karena keraguan merupakan salah satu yang menjadi penghalang untuk keberhasilan penyembuhan penyakit. Kedua, penyakit mental yang diobati oleh dukun yaitu gangguan Jin, orang yang dikirim sihir, menenangkan tangisan anak rewel, kesurupan, ayan, dan sakit yang diakibatkan malas. Ayat al-Qur’an yang digunakan dukun yaitu Surat Yasin dan Ayat Kursi. Ayat-ayat yang digunakan dukun memiliki khasiat penyembuhan di segala penyakit. Obat dari semua penyakit hati adalah al-Qur’an. Orang yang mendapatkan kegelisahan, kegundahan, kesedihan dan yang lainnya, obatnya adalah al-Qur’an. Tidak ada obat yang paling mujarab di muka bumi ini kecuali al-Qur’an. Kata Kunci: Resepsi Fungsional, Pengobatan, al-Qur’an

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Resepsi Fungsional, Pengobatan, al-Qur’an
Subjects: U Umum (General) > Agama > Agama Islam
U Umum (General)
R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Ruang Baca FUSA
Date Deposited: 15 Dec 2023 09:25
Last Modified: 15 Dec 2023 09:25
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13772

Actions (login required)

View Item View Item