Pengaruh Religiusitas dan Literasi Zakat Terhadap Minat Membayar Zakat Pertanian (Studi Kasus Petani Kelapa Sawit Nagari Persiapan Giri Maju Kabupaten Pasaman Barat)

Khotimah, Ainun Khusnul (2023) Pengaruh Religiusitas dan Literasi Zakat Terhadap Minat Membayar Zakat Pertanian (Studi Kasus Petani Kelapa Sawit Nagari Persiapan Giri Maju Kabupaten Pasaman Barat). Skripsi thesis, FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM.

[img] Text (COVER)
COVER,PERSETUJUAN PEMBIMBING,LEMBAR PENGESAHAN, KEORISINILAN,ABSTRAK,KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (695kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I AINUN KHUSNUL KHOTIMAH 1916010039.pdf - Published Version

Download (222kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III AINUN KHUSNUL KHOTIMAH 1916010039.pdf - Published Version

Download (271kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V-DAFTAR PUSTAKA AINUN KHUSNUL KHOTIMAH 1916010039.pdf - Published Version

Download (270kB)
[img] Text (FULL TEXT)
SKRIPSI AINUN KHUSNUL KHOTIMAH 1916010039 FULLTEXT.pdf - Updated Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Judul penelitian ini adalah “Pengaruh Religiusitas dan Literasi Zakat Terhadap Minat Membayar Zakat Pertanian (Studi Kasus Petani Kelapa Sawit Nagari Persiapan Giri Maju Kabupaten Pasaman Barat)” yang disusun oleh Ainun Khusnul Khotimah, NIM. 1916010039. Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan masyarakat yang masih kurang mengerti mengenai zakat pertanian dan juga rendahnya minat masyarakat dalam membayar zakat. Sehingga potensi zakat pertanian yang ada tidak terhimpun dengan maksimal. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh religiusitas dan literasi zakat terhadap minat membayar zakat pertanian (studi kasus petani kelapa sawit di Nagari Persiapan Giri Maju Kabupaten Pasaman Barat). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan penelitian lapangan dengan menggunakan metode regresi linear berganda. Data yang digunakan adalah data primer dan data skunder. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini, secara parsial variabel religiusitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat membayar zakat dengan thitung 3.110 > ttabel 1.984 dan nilai signifikan sebesar 0.002 < 0.05. Hal ini karena tingkat keimanan seseorang memberikan pengaruh terhadap kepatuhan mereka dalam melaksankan perintah Allah Swt. dan membayar zakat merupakan salah satu perintah Allah SWT. Sedangkan variabel literasi zakat berpengaruh positif dan tidak signifikan tehadap minat membayar zakat dengan thitung 1.820 < t table 1.984 dengan nilai signifikan 0.072 > 0.05. Hal tersebut terjadi karena tingkat literasi masyarakat akan zakat hanya sebatas zakat fitrah saja. Secara simultan religiusitas dan literasi zakat berpengarauh secara bersama-sama terhadap minat membayar zakat pertaniandengan Fhitung 115.335 > Ftabel 2.70 dan nilai signifikan sebesar 0.000 < 0.05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: religiusitas, literasi zakat, minat membayar zakat
Subjects: Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Zakat
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca FEBI
Date Deposited: 22 Sep 2023 03:55
Last Modified: 03 Oct 2023 07:44
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13742

Actions (login required)

View Item View Item