Manajemen Pendistribusian Zakat dalam Membangun Kepercayaan Muzzaki di Lembaga Amil Zakat Infaq Sedekah (LAZIS) Mitra Ummat Madani Kota Padang

Idaman, Putri Ayu (2023) Manajemen Pendistribusian Zakat dalam Membangun Kepercayaan Muzzaki di Lembaga Amil Zakat Infaq Sedekah (LAZIS) Mitra Ummat Madani Kota Padang. Skripsi thesis, FAKULTAS DAKWAH DAN ILMU KOMUNIKASI.

[img] Text (lampiran awal ayu)
lampiran awal ayu.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (469kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf - Published Version

Download (170kB)
[img] Text (BAB 5 - Daftar Pustaka)
BAB 5 _DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (496kB)
[img] Text (FULL TEXT AYU)
FULL TEXT AYU.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah tidak stabilnya jumlah muzzaki yang ada di LAZIS Mitra Ummat Madani. Hal ini disebabkan oleh tidak maksimalnya manajemen pendistribusian zakat yang ada di LAZIS Mitra Ummat Madani, baik itu dari segi perencanaan pendistribusian zakat, pengorganisasian pendistribusian zakat, penggerakan pendistribusian zakat dan pengawasan pendistribusian zakat di LAZIS Mitra Ummat Madani ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen pendistribusian zakat yang ada di LAZIS Mitra Ummat Madani, lebih spesifiknya yaitu dari segi perencanaan pendistribusian zakat, pengorganisasian pendistribusian zakat, penggerakan pendistribusian zakat dan pengawasan pendistribusian zakat di LAZIS Mitra Ummat Madani Kota Padang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Sumber data primer dalam penelitian ini yaitu Direktur Utama, Direktur Divisi Keuangan, Direktur Divisi Program, Anggota Divisi Penghimpunan dan Layanan ZIS LAZIS Mitra Ummat Madani, Muzzaki LAZIS Mitra Ummat Madani dan pengolah data di Kantor LAZIS Mitra Ummat Madani Kota Padang. Sedangkan sumber data sekunder adalah arsip-arsip dan data-data yang mendukung penelitian ini. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan (1)Perencanaan yang ada di LAZIS Mitra Ummat Madani sudah sesuai dengan dengan yang dijelaskan leh Sondang P. Siagian. Meskipun untuk pembuatan perencanaan tidak melibatkan semua karyawan, lama nya waktu pendistribusian zakat di LAZIS serta sulitnya metode dalam mendaftarkan diri menjadi mustahiq di LAZIS ini membuat LAZIS kurang optimal dalam pendistribusian zakatnya. (2) pengoranisasian pendistribusian di LAZIS Mitra Ummat Madani sudah sesuai dengan dengan yang dijelaskan leh Sondang P. Siagian. Meskipun untuk pembagian kerja tidak sesuai antara jumlah karyawan dengan pekerjaan yang dilakukan sehingga membuat para karyawann kewalahan dalam pendistribusian zakat. (3) Penggerakan Pendistribusian zakat di LAZIS Mitra Ummat Madani sudah sesuai dengan dengan yang dijelaskan leh Sondang P. Siagian Meskipun untuk pengembangan SDM sudah lama vakum di LAZIS ini (4) Pengawasan Pendistribusian zakat di LAZIS Mitra Ummat Madani sudah sesuai dengan dengan yang dijelaskan leh Sondang P. Siagian Meskipun pengawasan kurang optimal dilakukan karena adanya pembagian waktu oleh direktur utama di LAZIS ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Pendistribusian, Zakat, Membangun Kepercayaan Muzzaki
Subjects: Agama Islam > Agama Islam Umum > Islam dan Bidang Lainnya
Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) > Pengelola Zakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 15 Sep 2023 07:12
Last Modified: 03 Oct 2023 00:55
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13737

Actions (login required)

View Item View Item