Problematika Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Melaksanakan Shalat Zuhur Berjemaah di SMAN 2 Kota Solok

Romi, Zulhiza (2023) Problematika Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Melaksanakan Shalat Zuhur Berjemaah di SMAN 2 Kota Solok. Skripsi thesis, Fakultas Tarbitah dan Keguruan.

[img] Text (cover dll zulhiza romi)
cover dll ZULHIZA ROMI.pdf - Published Version

Download (834kB)
[img] Text (bab 1 zulhiza romi)
BAB 1 ZULHIZA ROMI.pdf - Published Version

Download (908kB)
[img] Text (bab 3 zulhiza romi)
BAB 3 ZULHIZA ROMI.pdf - Published Version

Download (303kB)
[img] Text (bab 5 dan dapus zulhiza romi)
BAB 5 - DAPUS ZULHIZA ROMI.pdf - Published Version

Download (488kB)
[img] Text (full text skripsi zulhiza romi)
full text SKRIPSI ZULHIZA ROMI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Judul Skripsi ini adalah “Problematika Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Melaksanakan Shalat Zuhur Berjemaah Di SMAN 2 Kota Solok” ditulis oleh Zulhiza Romi 1914010045 Program Studi Pendidikan Agam Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Penelitian ini di latar belakangi oleh masih adanya siswa yang masih kurang disiplin dalam pelaksanaan shalat Zuhur berjemaah sedangkan guru pendidikan agama Islam sudah menerapkan berbagai strategi agar siswa menjadi disiplin dalam pelaksanaan program shalat zuhur berjemaah ini sehingga perlu diteliti dimana letak permasalahan atau problematika guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kedisiplinan siswa untuk shalat Zuhur berjemaah. Tujuan dalam penelitian skripsi ini yaitu: (1) Untuk mendeskripsikan Implementasi Shalat Zuhur Berjemaah di SMAN 2 Kota Solok. (2) Untuk mendeskripsikan Strategi Guru PAI dalam Meningkatkan Kedisiplinan siswa melaksanakan shalat Zuhur berjemaah di SMAN 2 Kota Solok (3) Untuk mendeskripsikan Problematika guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kedisiplinan siswa untuk shalat Zuhur berjemaah di SMAN 2 Kota Solok. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau disebut juga(field research). Sedangkan metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh, pertama Implementasi shalat Zuhur berjemaah ini dimulai jam istirahat kedua (12.15) seluruh siswa di suruh ke masjid dan mengambil wudhu, adzan dan kultum dilakukan oleh siswa yang telah dipilih tiap kelasnya, pengumpulan infak dan shalat Zuhur berjemaah yang di pantu dan diatur oleh guru PAI yang dibantu kepala sekolah dan guru lain dalam mengawasi sekaligus mendukung lancarnya kegiatan shalat Zuhur berjemaah. Kedua strategi yang dilakukan oleh guru PAI yaitu dengan contoh dan teladan, pemberian nilai atau angka, pemberian motivasi, pembiasaan, penyadaran dan pengawasan atau control. Ketiga problematika yang dihadapi oleh guru PAI yaitu kurangnya kesadaran diri siswa untuk melaksanakan shalat Zuhur berjemaah, kurang kekompakan atau keterlibatan guru dalam meningkatkan kedisiplinan siswa, kurangnya sarana dan prasarana, dan kurang tegasnya kebijakan dan sistem pelaksanaa kegiatan shalat Zuhur berjemaah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problematika guru PAI, Kedisiplinan dan Shalat Zuhur Berjemaah
Subjects: Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 15 Sep 2023 01:55
Last Modified: 15 Sep 2023 01:55
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13724

Actions (login required)

View Item View Item