Analisis Semiotika Roland Barthes terhadap al-Qur'an Surat al-A'raf 176 tentang Perumpamaan Orang-orang yang Mendustakan Ayat-ayat Allah

Saputri,, Yesa Gusra (2023) Analisis Semiotika Roland Barthes terhadap al-Qur'an Surat al-A'raf 176 tentang Perumpamaan Orang-orang yang Mendustakan Ayat-ayat Allah. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text (Cover, Pernyataan Orisinalitas, Persetujuan Pembimbing, Pengesahan Tim Penguji)
Cover, Abstrak, Pernyatan, Pengesahan Tim Penguji.pdf - Published Version

Download (796kB)
[img] Text (Bab 1)
Bab 1 Yesa.pdf - Published Version

Download (556kB)
[img] Text (Bab 4)
Bab 4 Yesa.pdf - Published Version

Download (349kB)
[img] Text (Fulltext)
Yessa Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan pokok yang di bahas dalam skripsi ini adalah perumpaman orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Allah al-Qur’an surat al-A’raf 176. Hal ini sangat penting untuk dikaji di mana al-Qur’an memberikan perumpamaan terhadap orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Allah seperti anjing yang menjulurkan lidahnya. Karena al-Qur’an memiliki berbagai macam gaya bahasa untuk mengungkapkan pesan-pesan yang terkandung dalam al-Qur’an. Oleh sebab itu rumusan masalah dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana analisis semiotika Roland Barthes terhadap al-Qur’an surat al-A’raf ayat 176. Dengan tujuan untuk mengetahui makna denotasi, makna konotasi serta makna mitos yang terhadap al-Qur’an surat al-A’raf ayat 176. Penelitian ini menggunakan data-data kepustakaan (library Research). Dengan jenis penelitian kualitatif. Kemudian teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah menelusuri pemaknaan surat al-A’raf melalui studi literatur . Adapun sumber data primer dalam penelitian ini adalah al-Qur’an surat al-A’raf 176. Sedangkan sumber sekundernya adalah buku-buku semiotika, kitab-kitab tafsir, artikel dan sumber lainnya, yang berkaitan dengan pembahasan penelitian ini. Adapun pendekatan yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah analisis semiotika Roland Barthes dengan teori yang digunakan yaitu makna denotasi, makna konotasi dan makna mitos. Hasil dari penelitian ini adalah: 1). Makna denotasi tentang perumpamaan orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Allah al-Qur’an surat al-A’raf ayat 176 yang terdapat pada kata kalb: anjing dengan makna adalah sesuatu yang tergantung pada sesuatu yang lain dengan kuat dan keras sehingga sulit dilepaskan. 2). Makna konotasi pada kata kalb adalah sifat-sifat buruk yang melekat pada anjing. Seperti: pertama, binatang yang sulit berubah dan meninggalkan kebiasaan buruk. Kedua, seekor anjing dalam kondisi apapun lidahnya selalu dijulurkannya. Ketiga, penyakit berbahaya yang mematikan karena ia adalah binatang mulut dan lidahnya mengandung bisa. Keempat, binatang yang tidak mempunyai rasa malu. Kelima, membuang kotoran disembarangan tempat. Keenam, mudah dihasut dan dipropokasi. 3). Makna mitos pada kata kalb adalah kebiasaan/sifat buruk yang harus dihindari oleh manusia. Secara keseluruhan teori semiotika memberikan gambaran makna yang lebih luas mengenai perumpamaan orang yang mendustakan ayat-ayat Allah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Semiotika Roland Barthes, Mendustakan Ayat-ayat Allah
Subjects: Agama Islam > Al-Qur'an dan Ilmu Berkaitan > Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Ruang Baca FUSA
Date Deposited: 09 Oct 2023 04:35
Last Modified: 09 Oct 2023 04:35
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13717

Actions (login required)

View Item View Item