Strategi Fundraising Dalam Menghimpun Dana Zakat Dengan Pendekatan Business Model Canvas Di Lembaga Amil Zakat Nasional Inisiatif Zakat Indonesia (Laznas IZI) Perwakilan Sumatera Barat

Maulana, Farel (2023) Strategi Fundraising Dalam Menghimpun Dana Zakat Dengan Pendekatan Business Model Canvas Di Lembaga Amil Zakat Nasional Inisiatif Zakat Indonesia (Laznas IZI) Perwakilan Sumatera Barat. Skripsi thesis, FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM.

[img] Text (BAB I)
SKRIPSI BAB I.pdf - Published Version

Download (234kB)
[img] Text (BAB III)
SKRIPSI BAB III.pdf - Published Version

Download (198kB)
[img] Text (BAB V - Daftar Pustaka)
SKRIPSI BAB V-Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (196kB)
[img] Text (COVER SKRIPSI)
COVER SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Fundraising merupakan kegiatan yang sangat penting bagi lembaga atau organisasi sosial seperti lembaga zakat, Namun maraknya aktivitas fundraising di organisasi pelayanan sosial maka diperlukannya sebuah strategi yang menarik dan efektif. IZI sebagai lembaga amil zakat yang saat ini belum memaksimalkan penghimpunan yang dilakukan tentunya membutuhkan sebuah strategi. maka strategi yang tepat adalah dengan menggunakan pendekatan model bisnis bmc.metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif , dengan menggunakan teknik pengumpulan data dari observasi, wawancara, dan dokumentasi yang kemudian dianalisis menggunakan metode Business model canvas. informan penelitian peneliti adalah Kepala Cabang dan Karyawan LAZNAS IZI Sumatra Barat untuk mendeskripsikan atau memberi gambaran faktual dan akurat mengenai strategi fundraising lembaga Inisiatif Zakat Indonesia dalam pengumpulan zakat. LAZNAS IZI Sumbar berada pada posisi kuadran V yaitu posisi dengan strategi Menjaga dan Mempertahankan (Hold and Maintain), sehingga strategi pengembangan yang sesuai dan cocok untuk Laznas IZI perwakilan Sumatera Barat adalah strategi penetrasi pasar dan pengembangan produk. strategi pengembangan peneliti hasilkan adalah bekerjasama dengan Pelaku Usaha atau UMKM dan Influencer, dan juga menghadirkan media Cetak seperti spanduk atau baliho.dengan adanya penelitian ini dapat menjadi bahan pertimbangan dalam strategi pengembangan Laznas IZI Sumatera barat dalam melakukan penghimpunan zakat, sehingga mendapatkan hasil penghimpunan yang maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Fundraising, BMC, SWOT.
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syari'ah
Depositing User: Ruang Baca FEBI
Date Deposited: 27 Sep 2023 07:07
Last Modified: 27 Sep 2023 07:07
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13701

Actions (login required)

View Item View Item