SEJARAH DAN PERKEMBANGAN MASJID AL ALAM MARUNDA JAKARTA UTARA SEBAGAI POTENSI WISATA SEJARAH ISLAM

Ihsan, Naufal (2023) SEJARAH DAN PERKEMBANGAN MASJID AL ALAM MARUNDA JAKARTA UTARA SEBAGAI POTENSI WISATA SEJARAH ISLAM. Skripsi thesis, FAKULTAS ADAB DAN HUMANIORA.

[img] Text (COVER DLL)
Naufal ihsan Edward_1811020056_cover dlll.pdf

Download (567kB)
[img] Text (BAB I)
Naufal ihsan Edward_1811020056_BAB I.pdf

Download (251kB)
[img] Text (BAB III)
Naufal ihsan Edward_1811020056_BAB III.pdf

Download (326kB)
[img] Text (BAB IV)
Naufal ihsan Edward_1811020056_BAB IV dan Daftar Pustaka.pdf

Download (226kB)
[img] Text (FULL TEX)
Naufal ihsan Edward_1811020056_Full Teks.pdf

Download (907kB)

Abstract

ABSTRAK Masjid Al-Alam Marunda yang terletak di daerah Marunda, Jakarta Utara memiliki peranan penting dalam memfasilitasi kegiatan keagamaan dan sosial kebudayaan masyarakat sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendokumentasikan sejarah Masjid Al Alam Marunda dengan menggunakan metode penelitian sejarah dengan langkah heuristik, kritis, sintesa dan historiografi menganalisis dokumen, literatur, wawancara, dan observasi lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembangunan Masjid Al Alam Marunda dimulai pada abad ke-16 dan memiliki hubungan yang erat dengan Fatahillah. Pada tahun 1975 bangunan ini ditetapkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebagai cagar budaya dan namanya berubah Masjid Al-Alam. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Masjid Al Alam Marunda memiliki sejarah yang kaya dan berperan penting dalam kehidupan komunitas di Marunda. Masjid ini tidak hanya sebagai tempat ibadah, tetapi juga sebagai pusat kegiatan keagamaan dan sosial yang mempererat hubungan antarwarga. Dokumentasi sejarah masjid ini penting untuk memahami peran dan pengaruhnya dalam perkembangan sosial dan agama di daerah tersebut. Kata Kunci: Masjid Al Alam Marunda, sejarah, pembangunan, peran, pengaruh komunitas, Marunda, kegiatan keagamaan, kegiatan sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Masjid Al Alam Marunda, sejarah, pembangunan, peran, pengaruh komunitas, Marunda, kegiatan keagamaan, kegiatan sosial
Subjects: U Umum (General) > Agama
Agama Islam
U Umum (General)
Agama Islam > Sosial dan Budaya Islam > Arsitektur Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam
Depositing User: Ruang Baca FAH
Date Deposited: 14 Sep 2023 04:30
Last Modified: 14 Sep 2023 04:30
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13697

Actions (login required)

View Item View Item