Suryanti, Silvia (2023) Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas 5 SD Negeri 11 Taratak Surian. Skripsi thesis, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
Text (Cover-daftar isi)
cover-daftar isi.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (331kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Download (128kB) |
|
Text (BAB V-DAFTAR PUSTAKA)
BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (270kB) |
|
Text (FULLTEXT)
FULLTEXT Silvia Suryanti.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar PAI peserta didik kelas V SDN 11 Taratak Surian, dan banyaknya peserta didik yang kurang aktif selama proses pembelajaran berlangsung. Berdasarkan masalah tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas V SD Negeri 11 Taratak Surian dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek penelitian peserta didik kelas V SD Negeri 11 Taratak Surian yang berjumlah 20 peserta didik, yaitu 12 peserta didik laki-laki dan 8 peserta didik perempuan. Desain penelitian ini menggunakan model penelitian dari Kemmis dan Mc. Taggart. Pengumpulan data menggunakan metode observasi (pengamatan) dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran konvensional menunjukkan ketuntasan hasil belajar peserta didik hanya mencapai 20% dengan rata-rata kelas 52,75 kemudian setelah diterapkan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terjadi peningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 11 Taratak Surian kecamatan Pantai Cermin kabupaten Solok khususnya pada materi Kisah Teladan Luqman. Hasil belajar dengan menggunakan model Teams Games Tournament (TGT) dari penelitian ini adalah menunjukkan bahwa dari 20 siswa pada akhir siklus I sebanyak 9 peserta didik (45%) mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata kelas baru mencapai 64, kemudian setelah dilakukan refleksi pada siklus II, hasil akhir siklus II menunjukkan peningkatan efektivitas hasil belajar siswa yang dapat dilihat dari nilai rata-ratanya yang meningkat yaitu pada akhir siklus II sebanyak 18 peserta didik yang tuntas (mendapat nilai >70). Sehingga ketuntasan belajar mencapai 90% dari total jumlah peserta didik dan nilai rata-rata kelas mencapai 86 sehingga dapat dikatakan sudah efektif
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT), Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ruang Baca FTK 1 |
Date Deposited: | 27 Sep 2023 16:57 |
Last Modified: | 27 Sep 2023 16:57 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13683 |
Actions (login required)
View Item |