Afnisa, Afnisa (2023) Efektivitas Pelayanan Publik Berdasarkan PERDA Kab. Pasaman No. 13 Tahun 2016 Tentang Pelayanan Publik di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Pasaman Perspektif Siyasah Dusturiyah. Skripsi thesis, FAKULTAS SYARIAH.
Text (COVER-DAFTAR ISI)
COVER- DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I WATERMARK ASLI.pdf - Published Version Download (940kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III AFNISA 1913030017 WATERMARK.pdf - Published Version Download (641kB) |
|
Text (BAB V, DAFTAR PUSTAKA)
BAB V, DAPUS.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (SKRIPSI FULL TEXT AFNISA)
NEW SKRIPSI AFNISA FULL TEXT ASLI.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh banyaknya keluhan masyarakat terkait penyelenggaraan pelayanan publik yang tidak sesuai dengan Standar Operasi Pelayanan (SOP) oleh Disdukcapil Kab. Pasaman. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk-bentuk pelayanan publik di Kantor Disdukcapil Kab. Pasaman, untuk mengetahui faktor-faktor penentu kualitas kinerja pelayanan publik di Kantor Disdukcapil Kab. Pasaman dan untuk menganalisis PERDA Kab. Pasaman Nomor 13 Tahun 2016 tentang Pelayanan Publik terhadap efektivitas pelayanan publik di Kantor Disdukcapil Pasaman perspektif siyasah dusturiyah. Penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan, metode pendekatan yaitu penelitian hukum empiris, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang digunakan berupa data primer yang diperoleh langsung oleh penulis dari lapangan yaitu dari observasi dan wawancara. Data sekunder adalah data yang diperoleh dari buku, jurnal, dan web terkait menggunakan teknis dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian ini adalah: bentuk-bentuk pelayanan publik di Kantor Disdukcapil Kab. Pasaman meliputi pelayanan langsung yaitu bidang pendaftaran penduduk berupa pembuatan surat pindah, Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan Kartu Identitas Anak (KIA). Kemudian bidang pencatatan sipil meliputi pencatatan kelahiran, kematian, perkawinan, pembatalan perkawinan, perceraian, pembatalan perceraian, pengangkatan anak, pengakuan anak, pengesahan anak, perubahan nama dan pencatatan perubahan status kewarganegaraan. Kemudian pelayanan tidak langsung (online ) berupa cek data diantaranya cek E-KTP, cek kartu keluarga, dan cek akta kelahiran, konsultasi data, dan pendaftaran online. Faktor-faktor penentu kualitas kinerja pelayanan yaitu faktor sarana dan prasarana, kebiasaan masyarakat, aparatur terkait dan faktor aturan birokrasi. Disdukcapil Kab.Pasaman dari segi pelayanannya sudah cukup bagus, namun belum efektif dan efisien ditinjau dari PERDA Kab. Pasaman No. 13 Tahun 2016 Tentang Pelayanan Publik. Hal ini nampak dari adanya beberapa asas-asas penyelenggaran pelayanan publik belum terpenuhi. Kemudian dari perspektif siyasah dusturiyah sudah cukup baik, hal ini nampak pada adanya penerapan prinsip-prinsip penyelenggaraan pelayanan publik berdasarkan al-Quran dan sunnah yaitu prinsip keadilan, amanah, persamaan/kesetaraan, musyawarah/konsultasi dan ketaatan kepada pemimpin.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Pelayanan Publik, Siyasah Dusturiyah |
Subjects: | Agama Islam > Fiqih (Hukum Islam) Agama Islam > Sosial dan Budaya Islam > Layanan Kepada Masyarakat |
Divisions: | Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara |
Depositing User: | Ruang Baca Fakultas Syariah |
Date Deposited: | 14 Sep 2023 03:53 |
Last Modified: | 02 Oct 2023 06:41 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13681 |
Actions (login required)
View Item |