Pengembangan Media Diorama Pada Pembelajaran Tematik Kelas V Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SDN 22 Andalas Padang

Fikra, Ihsania (2023) Pengembangan Media Diorama Pada Pembelajaran Tematik Kelas V Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SDN 22 Andalas Padang. Skripsi thesis, FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN.

[img] Text (COVER,PENGESAHAN,PERSETUJUAN,KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI.)
COVER,PENGESAHAN,PERSETUJUAN,KATA PENGANTAR,DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (633kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version

Download (697kB)
[img] Text (BAB V-DAFTAR PUSTAKA)
BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (736kB)
[img] Text (IHSANIA FIKRA_1914070032 SKRIPSI FULL TEXT)
IHSANIA FIKRA_1914070032 SKRIPSI FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penggunaan media pembelajaran. Di sekolah hanya menggunakan buku paket dan LKS sebagai media dalam pembelajaran, sehingga peserta didik merasa bosan dan hasil belajar peserta didik menjadi rendah dengan persentase ketuntasan sebesar 29%, 9 peserta didik yang tuntas dari 31 peserta didik kelas IV-A SDN 22 Andalas Padang dengan KKM yang telah ditetapkan sekolah yaitu nilai 80. Dari permasalahan tersebut peneliti ingin mengembangkan sebuah produk berupa media diorama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahapan pengembangan media diorama dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V-A SDN 22 Andalas Padang, penelititian ini dilakukan untuk menghasilkan dan menguji media diorama dari segi validitas dan praktikalitas. Serta mengetahui pendapat para ahli, pendidik dan peserta didik terhadap media diorama dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V-A pada pembelajaran IPA. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R&D dengan menggunakan model 4D yang terdiri dari tahapan Define, Design, Development dan Disseminate. Subjek dari penelitian ini adalah validator ahli media, validator ahli materi, validator ahli bahasa, 1 orang pendidik kelas V-A dan 31 peserta didik kelas V-A SDN 22 Andalas Padang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar validasi beserta angket. Teknik analisis datanya dianalisis melalui uji t dengan taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kriteria media diorama valid dan praktis. Media diorama dapat digunakan dengan persentase validitas sebesar 90,91%, persentase dari ahli media sebesar 94,33% dengan kategori sangat valid, persentase dari ahli materi sebesar 85,41% dengan kategori sangat valid dan persentase dari ahli bahasa sebesar 93% dengan kategori sangat valid. Media diorama dapat digunakan dengan persentase praktikalitas sebesar 89,41%, persentase dari pendidik sebesar 86,66% dengan kategori sangat praktis dan persentase dari peserta didik sebesar 92,71% dengan kategori sangat praktis. Terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang dibuktikan melalui uji t dengan taraf signifikan 0,05 menunjukkan bahwa thitung (4,40)> ttabel (2,042). Hal ini menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari ttabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik setelah menggunakan media diorama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Diorama, Hasil Belajar.
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 29 Sep 2023 06:14
Last Modified: 29 Sep 2023 06:14
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13680

Actions (login required)

View Item View Item