Persepsi Masyarakat Jorong Tanjuang Simantuang Kenagarian Situjuah Gadang Kecamatan Situjuah Limo Nagari Kabupaten 50 Kota terhadap Perintah Qu Anfusakum Wa Ahlikum Nara (StudiLiving Qur'an)

Wirman, Indra (2021) Persepsi Masyarakat Jorong Tanjuang Simantuang Kenagarian Situjuah Gadang Kecamatan Situjuah Limo Nagari Kabupaten 50 Kota terhadap Perintah Qu Anfusakum Wa Ahlikum Nara (StudiLiving Qur'an). Skripsi thesis, UIN IB PADANG.

[img] Text (COVER)
Indra Wirman_cover.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
Indra Wirman_bab1.pdf - Published Version

Download (550kB)
[img] Text (BAB II)
Indra Wirman_bab2.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (525kB)
[img] Text (BAB III)
Indra Wirman_bab3.pdf - Published Version

Download (214kB)
[img] Text (BAB IV)
Indra Wirman_bab4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (351kB)
[img] Text (BAB V)
Indra Wirman_bab5-dapus.pdf - Published Version

Download (349kB)
[img] Text (FULLTEXT)
Indra Wirman_fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini karena masyarakat di Jorong Tanjuang Simantuang tidak lagimenggalakkan maghrib mengaji seperti di jorong-jorong lainnya, ada di antara pemudanya yang tidakmengikuti kegiatan di masjid atau di mushala, hal ini akibat dari perkembangan zaman dan kurangnyakontrol dari orang tua, dan di jorong ini pendidikan agama dan al-Qur’an mulai redup dan kurangpemahaman terhadap ayat al-Qur’an terutama tentang perintah menjaga diri dan keluarga dari api neraka.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemahaman dan pelaksanaan terhadapperintah menjaga diri dan keluarga dari api neraka dalam al-Qur’an, serta mengetahui faktor-faktor yangmempengaruhi pemahaman masyarakat Jorong Tanjuang Simantuang.Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif, denganmenggunakan metode living Qur’an. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalahobservasi, wawancara dan dokumentasi-dokumentasi. Adapun teknik pengambilan sampel dengan carasnowbowling sampling.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada masyarakat Jorong Tanjuang Simantuang yang tidakmengetahui teks ayat tentang menjaga diri dan keluarga dari api neraka namun mengetahui makna ayat,dan ada yang mengetahui teks dan makna ayat. Namun sebahagian besar masyarakat Jorong TanjuangSimantuang sudah mengamalkan perintah menjaga diri dan keluarga dari api neraka dengan caramenjalankan perintah Allah SWT dan menjauhi larangan-Nya, serta menyuruh anggota keluarganya danorang yang berada di bawah tanggung jawabnya untuk menjalankan perintah Allah SWT dan menjauhilarangan-Nya. Ada tiga faktor yang mempengaruhi pengetahuan dan pemahaman masyarakat tentangperintah menjaga diri dan keluarga dari api neraka yakni: faktor pendidikan, lingkungan, dan ekonomi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Agama Islam > Agama Islam Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Murnahayat UPT Perpustakaan Pustakawan
Date Deposited: 13 Sep 2023 08:14
Last Modified: 13 Sep 2023 08:14
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13666

Actions (login required)

View Item View Item