Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Usaha Ayam Kampung Pedaging di Nagari Pakan Rabaa Tengah Kabupaten Solok Selatan

Putri, Hanifa (2023) Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Usaha Ayam Kampung Pedaging di Nagari Pakan Rabaa Tengah Kabupaten Solok Selatan. Skripsi thesis, FAKULTAS DAKWAH DAN ILMU KOMUNIKASI.

[img] Text (cover, lembar pengesahan)
cover_dan_lain_hanifa_putri[1].pdf - Published Version

Download (841kB)
[img] Text (BAB 1)
bab 1 hanifa ok.pdf - Published Version

Download (732kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3 hanifa ok.pdf - Published Version

Download (443kB)
[img] Text (BAB 5-DAFTAR PUSTAKA)
bab 5-pustaka hanifa.pdf - Published Version

Download (614kB)
[img] Text (full text)
full_text_hanifa[1].pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pemberdayaan ekonomi masyarakat Nagari Pakan Rabaa Tengah. Berawal dari masyarakat yang mengandalkan hasil pertanian untuk mencukupi kehidupan mereka, dengan kekayaan alam dan lahan yang cukup melimpah dan tanah yang subur memungkinkan dimanfaatkan untuk beternak, namun kurangnya kesadaran akan hal tersebut membuat masyarakat tidak mampu untuk memberdayakan ekonomi mereka. Maka dalam hal ini diperlukan pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui usaha peternakan ayam kampung pedaging. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan proses mengidentifikasi masalah dan potensi wilayah, perencanaan program, pelaksanaan program serta pemantauan program dalam pemberdayaan dan peningkatan ekonomi masyarakat melalui usaha peternakan ayam kampung pedaging. Metode yang digunakan yaitu kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif, yaitu penelitian yang dimaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian dan juga sebagai alat untuk mendapatkan data. Informan dalam penelitian ini, yaitu para pelaku usaha peternak ayam kampung pedaging di sekitar Nagari Pakan Rabaa Tengah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat proses pemberdayaan ekonomi masyarakat dan peningkatan ekonomi masyarakat melalui usaha peternakan ayam kampung pedaging. Dalam pemberdayaan ini terdapat empat proses pemberdayaan : a. Usaha peternak ayam kampung pedaging memiliki potensi untuk usaha masyarakat, Terutama pada peternakan selain bertani. b. Perencanaan program-program bagi para pelaku usaha peternakan ayam kampung pedaging dilakukan dengan cara forum diskusi serta melakukan analisis terhadap suatu program yang akan dijalani selama peternakan berlagsung. c. Dalam melakukan pelaksanaan program terhadap usaha maka masyarakat melakukan taktik pemisahan kandang dan juga dalam melakukan kerjasama dan taktik sistem bagi hasil. d. Setelah terjalannya program-program yang telah direncanakan maka ketua kelompok melakukan evaluasi atau pemantauan terhadap jalannya program usaha peternakan ayam kampung tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBERDAYAAN, EKONOMI, PAKAN RABAA
Subjects: U Umum (General) > Ekonomi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ruang Baca FDIK
Date Deposited: 14 Sep 2023 03:39
Last Modified: 29 Sep 2023 02:02
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13659

Actions (login required)

View Item View Item