Pengaruh Media Pembelajaran Roda Putar Bangun Datar pada Pelajaran Matematika untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Belajar Peserta Didik Fase B Min Kota Bukittinggi

Andriani, Dela (0023) Pengaruh Media Pembelajaran Roda Putar Bangun Datar pada Pelajaran Matematika untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Belajar Peserta Didik Fase B Min Kota Bukittinggi. Skripsi thesis, FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN.

[img] Text (Dela Andriani (PGMI 19) FTK Cover dll)
1. Cover Dela Andriani (PGMI 19) FTK.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Dela Andriani (PGMI 19) FTK BAB 1)
2. BAB I Dela Andriani (PGMI 19) FTK.pdf - Published Version

Download (339kB)
[img] Text (Dela Andriani (PGMI 19) FTK BAB 3)
3. BAB III Dela Andriani (PGMI 19) FTK.pdf - Published Version

Download (440kB)
[img] Text (Dela Andriani (PGMI 19) FTK BAB IV & Daftar Pustaka)
4. BAB V Dela Andriani (PGMI 19).pdf - Published Version

Download (278kB)
[img] Text (Dela Andriani (PGMI 19) FTK Fulltext)
Skripsi Dela Andriani (PGMI 19) FTK.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh peserta didik yang belum terlibat langsung dalam proses pembelajaran, peserta didik menganggap pembelajaran matematika adalah pelajaran yang sulit. Hal tersebut disebabkan oleh jarangnya pendidik menggunakan media pembelajaran, pendidik hanya menggunakan media gambar pada buku cetak dan gambar di papan tulis. Sehingga berdampak pada pemahaman konsep belajar rendah dengan persentase ketuntasan pada kelas IV-A sebesar 38,24%, 13 peserta didik yang tuntas dari 34 peserta didik. Persentase ketuntasan pada kelas IV-B sebesar 26,47%, 9 peserta didik yang tuntas dari 34 jumlah peserta didik, sedangkan persentase ketuntasan pada kelas IV-C 29,41%, 10 peserta diddik yang tuntas dari 34 peserta didik.Tujuan skripsi ini secara umum yaitu untuk menguji pengaruh penggunaan media pembelajaran roda putar (ROTAR) bangun datar pada pelajaran matematika untuk meningkatkan pemahaman konsep belajar peserta didik fase b MIN Kota Bukittinggi. Dari permasalahan tersebut peneliti melihat pengaruh penggunaan media Roda Putar (ROTAR). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu (Quasi Experimen) dan desain penelitian pretest posttest control grup design . Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Kelas yang dipilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas IVB dan kelas kontrol kelas IVC sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan berupa observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji “t” dengan pengolahan data menggunakan SPSS versi26. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil nilai pretest kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eskperimen diperoleh nilai rata-rata 53,24, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh rata-rata 56,76. Hasil nilai posttest pemahaman konsep belajar peserta didik pada kelas eksperimen 85,88, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh rata-rata sebesar 77,06. Perbandingan pemahaman konsep belajar peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dilihat pada kelas ekperimen terdapat peningkatan sebesar 32,64, sedangkan pada kelas kontrol peningakatan sebesar 20,30. Hasil analisis uji t yaitu nilai sig (1-tailet) 0,000 sehingga nilai sig < 0,05 maka hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima, yaitu terdapat pengaruh media pembelajaran roda putar (rotar) bangun datar pada pelajaran matematika untuk meningkatkan pemahaman konsep belajar peserta didik fase B MIN Kota Bukittinggi. Terdapat rata-rata N-gain pada kelas eksperimen 81.6502 sedangkan rata-rata N-gain pada kelas kontrol 63.6134. maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman konsep belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika fase B MIN Kota Bukittinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Roda Putar,Matematika,Pemahaman Konsep
Subjects: U Umum (General) > Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ruang Baca FTK 1
Date Deposited: 29 Sep 2023 06:18
Last Modified: 29 Sep 2023 06:18
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/13635

Actions (login required)

View Item View Item